Lensa Nusantara
Featured Kalimantan

Sudah Mulai Tahap Perbaikan, PT. MAM Bertanggung Jawab Adanya Longsor

Kutaikartanegara, LENSANUSANTARA.CO.ID -maraknya pemberitaan beberapa hari ini mengenai adanya longsoran di area jalan menuju kebun masyarakat tepatnya di gang Arjuna RT 16 Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong seberang Kabupaten Kutaikartanegara, pada Kamis malam 01/04/2021 lalu.

Dengan adanya longsoran tersebut, Pihak dari Perusahaan PT.Mitra Abadi Mahakam (MAM) yang merupakan Subkon Dari PT.Bukit Baiduri Energi (BBE) langsung mengadakan pertemuan dengan masyarakat setempat pada hari Sabtu 03/04/2021

Pertemuan yang di hadiri oleh Kades Manunggal Jaya, Pemilik lahan yg terdampak, Babinsa Desa Manunggal Jaya, babinkamtibmas dan warga lain, perihal pihak perusahaan akan segera mungkin memperbaiki jalan warga menuju ke kebun longsor.

Dari hasil pertemuan Pihak PT.MAM dan warga setempat, Masyarakat sepakat dengan adanya longsoran yang mengakibatkan jalan menuju kebun terputus, pihak perusahaan akan Menganti dan memindahkan jalan tersebut di area yang lebih efektif dan sesuai ukuran yang terputus yaitu sekitar 28 meter lebar 3 meter sesuai dengan dengan kesepakatan warga pada saat pertemuan.

Setelah ada hasil dari kesepakatan warga, team dari external dan PJO PT.MAM sudah mulai melakukan perbaikan dengan menurunkan 1 Dozer,1 excavator 1 Greader dan Holer guna pembersihan material, dan pembuatan aliran air dan pembuatan turap untuk menahan adanya longsor susulan dan mengantisipasi ketika hujan deras.

Pihak dari perusahan akan cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut, agar warga bisa beraktifitas / berkebun seperti biasa, ” kami dari pihak perusahaan langsung mulai bekerja pada Sabtu malam saat sudah ada kesepakatan pihak warga dan desa guna mempercepat pekerjaan agar warga bisa beraktifitas berkebun seperti sedia kala”.ucap Rony HRD PT. MAM

Tak hanya itu pihak perusahaan juga melakukan pembersihan tanah longsor mengadakan Lock (Penguncian) agar tidak terjadi longsor susulan juga perbaikan berupa penimbunan dan pembuatan trap/teras untuk mengantisipasi adanya hujan, dan juga akan memindahkan jalan seminisasi di area jalan ke tempat lebih baik sesuai kesepakatan.Tambahannya

Adapun tanaman yang terdampak oleh longsoran oleh salah satu warga (H.Tasrip) , yaitu berupa pohon kelapa, Sawo, Bibit Sawit, Kelengkeng dan beberapa tananman keras lain. Juga sudah dilakukan komunikasi di kantor desa Manunggal Jaya dan kesimpulannya akan dibicarakan kepada pihak management PT.MAM terkait permintaan dari pemilik lahan.

Saat beberapa awak media menemui H.tasrip / pemilik lahan Minggu 04/04/2021 yang tanahnya ikut longsor, beliau menerangkan kalau kejadian tersebut diakui di luar dugaan. adapun kejadian tersebut pada malam hari dengan kondisi hujan yang deras.

“Bagaimanapun Ini tidak mungkin akan kembali semula, cuman saya minta jalan yang ikut longsor di pindahkan dan kalau bisa volumenya di tambahkan, Pintanya.(Haerul)

Related posts

Ketua BPD Desa Sisobandao Sirombu: DD dari Tahun 2018 s/d 2020 Belum Siap-siap

Lensa Nusantara

Oknum Perangkat Desa Pasirsuren,l Pelabuhanratu Diduga Lakukan Pungli Kepada Masyarakat untuk Pembuatan E-KTP

Lensa Nusantara

Konferensi Pers Penkum Kejari Bondowoso Ungkap Kasus Korupsi

ADM