Lensa Nusantara
Daerah Featured

Proses Pemilihan BPD Desa Nyonyifi Kec. Bacan Timur Diduga Diwarnai Kecurangan

Halmahera Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Proses pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Nyonyifi kec.Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan, di warnai kejanggalan dan di duga terjadi kecurangan dalam daftar peserta Calon BPD.

Pasalnya, proses pemilihaan yang di lakukan ditentukan sepihak oleh panitia penyelenggara, indikasi kecurangan yang di lakukan, panitia mengakomodir masyarakat yang tidak berdomisili di desa setempat dalam daftar calon BPD, kemudiam hak pilih masyarakat yang seharusnya tersalurkan di ganti tanpa sebab dan alasan yang jelas.

Kepada LensaNusantara.co.id warga masyarakat desa nyonyifi memyampaikan bahwa nama peserta salah satu calon anggota BPD ada di luar kontrol masyarakat, Dimana nama peserta calon yang di terimah panitia pemilihan diketahui berdomisili di desa Cango,Kec.Gane barat.

” Panitia dengan sengaja meloloskan salah satu calon bpd yg bertempat tingal di desa cango atas nama Arinto Latubaru ” Ujar Hasim Chairun,yang di ketahui sebagai tokoh masyarakat di desa nyonyifi.

Selain itu panitia membuat keputusan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat dan terindikasi curang mengarah pada peserta calon BPD ,di mana peserta calon anggota BPD yang laki-laki 4 orang tidak di pilih langsung masyarakat dan di nyatakan lolos oleh panitia,
Sementara 3 orang peserta calon perempuan di lakukan berdasarkan pemilihan.

” panitia menjegal warga masyarakat untuk ikut memilih, mekanisme pemilihan di khususkan pemilih perumpuan saja, laki-laki tidak di beri hak memilih.dan kemudian pemilihan BPD tidak secara langsng.” Ungkap Darwis yusuf (8/4/2021)

Olehnya, pihak masyarakat meminta kejelasan dan keadilan dari instansi terkait agar segala kejanggalan yang terjadi di lapangan bisa di selesaikan.

” kami meminta kepada ibu camat dan pihak DPMD yang bertugas sebagai panitia pemilihan BPD agar kiranya turun dan meluruskan kinerja panitia.”

Sementara itu,Pihak DPMD saat di confirmasi mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa, harus menunggu rekomendasi tertulis ataupun rekomendasi dalam bentuk lisan dari Camat setempat.

Semntara itu pula,Camat Bacan Timur Santi Yallo saat di mintai keterangan mengatakan bahwa peserta calon yang berdomisili di luar tidak di benarkan berdasarkan anjuran dan ketentuan aturan yang ada ” Tidak bisa, karna harus berdomisli di desa setempat ,semua ada aturannya ” kata santi yallo

Lanjut ibu camat, ” tekhnis pelaksanaan pemilihannya oleh DPMD, camat tidak membuat juknis atau aturan apa saja tentang desa yang ada itu semua tugas DPMD.

Santi Yallo bilang “Kalu panitia salah dan melanggar di ganti saja lewat MUSYAWARAH mufakat krna panitia itu SK kepala desa ” tutupnya.(Shain)

Related posts

Dandim 0822 bersama Forpimda dan Tokoh Agama Bondowoso Menerima Arahan dari Gubernur Jatim

Lensa Nusantara

Kampenya Perdana: FAM – SAH Utamakan SDM, SDA di Negri Hai Sua

Lensa Nusantara

Raksa Nugraha Bukan Sebatas Pengakuan Pelaku Usaha dalam Melindungi Konsumen

Lensa Nusantara