Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Sekda Bondowoso: Refocusing CPNS Tidak Jadi Dilaksanakan

Foto: Ilustrasi CPNS

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Akhirnya rekrutmen test calon PNS Tahun 2021 resmi akan digelar oleh Pemkab Bondowoso.

Dikonfirmasi lewat selulernya oleh LENSANUSANTARA.CO.ID, Sekda Soekaryo menuturkan, sebenarnya anggaran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memang sudah ada anggarannya, dan dianggarkan Tahun sebelumya yakni sekitar 1,50 miliar untuk CPNS. Jumat, 28/5/2021.

Lalu, kata Sekda, dengan berjalannya waktu banyak hal-hal yang harus dibiayai, sehingga ada defisit sampai sekian.

Dan karena ada dana alokasi umum (DAU) yang turun serta bagi hasil yang turun, pada akhirnya Pemkab harus me recofusing anggaran-anggaran SKPD termasuk DPRD.

Oleh karenanya, sambung Sekda, Pemkab Bondowoso mempertimbangkan situasi Covid-19 saat ini, khawatir tidak berhenti di Tahun depan.

Pertimbangan tersebut, kata Sekda Soekaryo, bukan hanya kebutuhan satu miliar sekiannya saat ini dalam merekrut CPNS, namun kebutuhan berikutnya, seperti gaji dan Tambahan Pendapatan pegawai (TPP) di Tahun 2022 mendatang, sehingga akan menimbulkan biaya tinggi sekian miliar.

Menurut Sekda Soekaryo, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bondowoso saat ini sekitar 41 M lebih, adapun yang ratusan miliar itu karena ada PAD dari Rumah sakit umum yang tidak bisa di utak-atik berdasarkan aturan.

PAD dari Rumah sakit tersebut, walaupun dicantumkan dalam PAD Bondowoso tapi masih di kelola sendiri lagi, sehingga khawatir nantinya kewajiban-kewajiban yang harus dibayar tidak bisa terbayar.

Oleh karenya, hal itu masih dalam bahasan untuk di adakan refocusing sekian, sehingga rencananya termasuk ASN CPNS itu masuk direfocusing.

“Pak Bupati ternyata dengan proses berjalannya itu, memanggil kami, agar supaya refocusing untuk CPNS tidak jadi dilaksanakan,” ucap Sekda.

sehingga karena tidak jadi di refocusing, maka rekrutmen CPNS tetap dilaksanakan seperti yang diumumkan saat ini.

“Jadi memang anggarannya sudah ada, karena tidak jadi direfocusing, pertama usulan tim anggaran hasil bahasannya direfocusing, tapi Bupati minta tidak di refocusing sehingga pada akhirnya CPNS tetap dilaksanakan,” Pungkas Sekda.

Diberitakan sebelumya, Pemkab Bondowoso sempat meniadakan rekrutmen CPNS dengan alasan keterbatasan anggaran, dan sekarang rekrutmen CPNS sudah resmi di buka oleh Pemkab Bondowoso.(ubay)

Related posts

Tim Tekab 308 Polsek Pakuon Ratu Berhasil Amankan DPO Curat di Kampung Serupa Indah

Lensa Nusantara

Bupati OKU Selatan Popo Hadiri Pemberian Remisi Umum Bagi Narapidana dan Anak Hari Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020

Lensa Nusantara

Personel Polsek Lubuk Batang Polres Oku Berikan Himbauan Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat dengan Papan Bicara

Lensa Nusantara