Lensa Nusantara
Berita Featured

Perihal Kades Jarang Berada di Kampung, Sekretaris Fraksi PKB Dukung Bupati Tindak Tegas

Halmahera Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), M Junaidi Abusama S.E.I mendukung Bupati Halsel,tindak tegas Kepala Desa (Kades) yang hanya berkantor di labuha.

Sekretaris Fraksi PKB itu mangatakan, kepala desa semestinya harus selalu berada di wilayah tugasnya. Jangan malah keseringan meninggalkan tempat tugas. Apalagi, pelayanan pemerintahan Desa harus selalu berjalan.

M Junaidi Abusama menyebutkan ada sejumlah kades yang kerap kali meninggalkan tempat tugas dan berada di labuha berbulan bulan sehingga tidak jarang menuai keluhan dan protes dari masyarakat setempat.

” untuk Kepala-kepala Desa jangan terlalu sering ke kota, kalau untuk kepentingan desa tidak masalah. Tetapi, jangan juga hampir tiap hari meninggalkan tugas dan berdiam diri di labuha,” Ucapnya, Selasa 1 Juni 2021.

Karena itu dirinya berharap kepada Bupati Halmahera Selatan agar memberikan teguran keras kepada para kepala desa yang jarang berada di tempat. Sebab, akibat kelakuan kepala desa yang jarang berkantor banyak warga yang kecewa dan mengeluh.

” Perihal kades jarang pulang kampung itu sudah harus di sikapi dan tindak tegas karna Hal ini yang selalu menjadi keluhan warga masyarakat.” Ucapnya.

Junet sapaannya itu menjelaskan, Kepala Desa merupakan Kepala Pemerintahan Desa yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa, sebagai perpanjangan tangan negara yang dekat dengan masyarakat juga sebagai pemimpin masyarakat.

Kemajuan pembangunan desa tidak lepas dari peran aktif Kades itu sendiri. Apalagi keuangan desa sangat besar. Sehingga apapun yang dilakukan kades, tentunya tidak akan lepas dari sorotan dan pengawasan masyarakat.

“Saya khawatirkan jika ada warga yang mengurus suatu berkas yang harus ditandatangani oleh kades, dan kades tidak berada di tempat ,hal ini sudah tentu menjadi problem dan keluhan warga masyaarakat.” Imbuhnya.

Dia menambahkan, kades harus punya visi dan misi dalam upaya memajukan desanya. Sehingga dengan anggaran yang sudah disediakan harus mampu membuat inovasi di desanya.(Sain)

Related posts

MWC NU Maesan Terus Galang Bakti Sosial Penyemprotan Disinfektan Guna Pencegahan Covid-19

Redaksi

Forkopimda Jatim Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2021

Lensa Nusantara

Babinsa Bagikan Beras Door to Door Kepada Warga yang Kurang Mampu di Masing-masing Wilayah Binaan

Lensa Nusantara