Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Kungker Wakil Mentri Perdagangan di Bondowoso: Gudang SRG Ini Sangat Penting untuk Kesejahteraan Petani

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sistem Resi Gudang adalah kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan, penjaminan, dan penyelesaian transaksi Resi Gudang. Resi Gudang adalah dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di Gudang yang diterbitkan oleh Pengelola Gudang.

Dengan menerapkan Protokol Kesehatan Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga dan rombongan mengunjungi Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) di Kabupaten Bondowoso bertempat di Desa Besuk Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso, Sabtu (5/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wabup Kab. Bondowoso H. Irawan Bachtiar Rahmat, SH, M.Si, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Kav. Widi Widayat, ST, Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, S.I.K, M.Si, Pj. Sekretaris Daerah Kab. Bondowoso Drs. Soekaryo, SH, MM., dan Kadiskoperindag Kab. Bondowoso Drs. Sigit Purnomo, M.M serta Forpimcam Klabang.

Sambutan dan arahan Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry A.K Sambuaga menyampaikan, “Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) ini sangat penting untuk kesejahteraan petani, karena bisa sebagai instrumen dalam kestabilan harga.


Dengan adanya gudang SRG ini petani bisa menyimpan barang hingga 6 bulan sehingga bisa di simpan dulu dan di jual ketika harga tinggi.

Sistem Resi Gudang (SRG) ini bisa menampung 20 Komoditas. Komoditas-komoditas tersebut adalah gabah, beras, jagung, kopi, kakao, karet, garam, lada, pala, ikan, bawang merah, rotan, kopra, teh, rumput laut, gambir, timah, ayam beku karkas.

Kami dari kemendag sudah MoU dengan BRI untuk mensupport terkait permodalan, resi gudang dapat dijadikan sebagai jaminan utang, serta dapat dialihkan. Resi gudang adalah surat berharga yang mempunyai ciri-ciri sebagai sebuah surat kebendaan.

Untuk pengelola, operasional dan manajemen kami serahkan kepada pemerintah daerah dan kami harapkan bisa beroprasi waktu dekat.
Terimakasih juga kami sampaikan kepda aparat TNI dan Polri yang saat ini juga bisa membantu dalam pengamanannya dan semoga sinergitas Aparat keamanan dan Pemerintah Daerah tetap terjaga untuk kesejahteraan masyarakat”, pungkasnya. (Yadi/Rahman).

Related posts

Gaungkan Tema “Creative Minority”, Pikom IMM Faperta Sukses Melaksanakan Sekolah GENIUS 06

Lensa Nusantara

TMMD Ke-110 Membedah 64 Rumah Bagi Warga Desa Penang dan Desa Klekean

Lensa Nusantara

Kehadiran DPC LSM Gempur Disambut Antusias oleh PLT Bupati Lampung Utara

Lensa Nusantara