Lensa Nusantara
Featured Pemerintahan

Antusiasme Masyarakat, Anggota DPRD Kaltim M.Udin Tekankan Bantuan Hukum Gratis Segera di Terbitkan

Samarinda, LENSANUSANTARA.CO.ID – Anggota Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim M Udin menekankan Pemerintah Provinsi segera terbitkan Pergub adanya bantuan hukum gratis yang di danai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kaltim.

Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5/2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum secara gratis bagi masyarakat kurang mampu di Desa Samburakat, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau Provinsi Kaltim, Sabtu (5/6/2021).

Adanya Sosialisasi Perda, Masyarakat yang menghadiri pertemuan sangat antusias, juga membuat terbukanya pemahaman tentang hukum yang selama ini masyarakat sekitar belum banyak memahami.

Tak hanya itu, Politisi dari Partai Golkar tersebut turut menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang khusunya hukum sehingga masyarakat cepat memahami dan menambah wawasan pengetahuan terhadap hukum.

Apalagi masi banyak masyarakat yang terkendala dengan pemahaman tentang hukum juga terkendala dengan biaya ketika di hadapkan dengan permasalahan tersebut.

Sembari dengan adanya bantuan secara gratis melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang terdaftar di Menkumham, masyarakat bisa mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya. Juga tanpa mengeluarkan biaya bagi masyarakat yang kurang mampu yang di biayai oleh pemerintah Provinsi Kaltim.

Beliau juga menjelaskan dengan adanya Perda Bantuan Hukum secara gratis yang bermanfaat bagi masyarakat harus merasakan manfaatnya dan segera di realisasi.

“Pergubnya harus segera di keluarkan, agar masyarakat bukan hanya mendengarkan berkaitan dengan bantuan hukum tetapi harus merasakan dampak bantuan hukum Itu’ Ujar Udin.

Ia juga menambahkan penyelenggaraan bantuan hukum ini memang masih belum terwujud, dikarenakan Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai aturan teknis masih belum terbit. Hal ini yang kemudian menjadi tanggung jawab pihaknya sebagai perwakilan rakyat agar dapat berkoordinasi secara maksimal agar Gubernur segera menerbitkan.

“Kami akan mendampingi melalui komisi I agar secepatnya di laksanakan Pergub berkaitan dengan bantuan hukum” Tambahannya. (Haerul)

Related posts

Ponpes Al-Ishlah Penyelenggara Hewan Kurban Terbanyak se-Indonesia, Bupati Bondowoso Serahkan Secara Simbolis

Lensa Nusantara

Kodim Pamekasan Santuni Anak Yatim dan Gelar Doa Bersama

Lensa Nusantara

Jalan Milik Kabupaten Tanjab Timur di Sadu Rusak, Warga Swadaya Gotong Royong Perbaiki

Lensa Nusantara