Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Kadis PMD Bondowoso: Desa yang Tidak Laksanakan Pendataan SDGs, DDnya Terancam Dikurangi

Kepala Dinas PMD Bondowoso, Haeriah Yulianti (foto: ubay/lensa nusantara)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID -Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) meluncurkan program pendataan SDGs (Sustainable Development Goals), program pendataan SDGs ini wajib dilaksanakan oleh seluruh Desa.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Haeriah Yulianti, program dari Kemendes ini harus dijalankan oleh semua Desa.

Bagi Desa yang tidak melaksanakan program pendataan tersebut, terancam Dana Desa (DD) Tahun berikutnya akan dikurangi oleh kementrian. Hal itu disampaikan oleh Kadis PMD Haeriah Yulianti, kepada awak media usai mengikuti rapat di Disparpora Bondowoso, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, pendataan SDGs Desa ini merupakan program prioritas Kementerian Desa yang wajib dilaksanakan oleh Desa.

“Kalau SDGs ini tak dilaksanakan, maka tidak menutup kemungkinan akan ada pengurangan Dana Desa yang akan turun ke Desa,” ungkapnya.

Sama halnya, Lanjut dia, dengan program Bantuan Langsung Tunai (BLT), jika itu tidak laksanakan oleh Desa yang merupakan program prioritas Pemerintah, maka ada pengurangan terhadap Dana Desanya.

Adapun program pendataan SDGs ini bersifat offline dan online, sehingga data yang disampaikan bersifat online, maka pusat akan memantau langsung dan mudah mengetahui jika tidak dilaksanakan.

“Sepanjang program itu, merupakan program prioritas Kementerian Desa, maka desa wajib melaksanakannya,” jelasnya.

Data berbasis SDGs Desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail, karena terdapat pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan per-individu warga, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan data.

Penulusuran Lensanusantara.co.id ke Desa-desa di Kabupaten Bondowoso terkait realisasi pendataan SDGs ini, hampir semua Desa telah melaksanakannya, meski ada beberapa Desa yang belum rampung dalam proses pendataannya. (ubay)

Related posts

PJS Bupati OKU Menghadiri Rapat Dengar Pendapat Penetapan Harga Jual Gas Bumi untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil di 5 Wilayah Jargas APBN

Lensa Nusantara

Lanjutan Sidang Gugatan Pilkada Rembang, Masuk Putusan Dismissal

Lensa Nusantara

Panitia Tetapkan No Urut 3 Calon Kades Cipelang Kecamatan Cijeruk

Lensa Nusantara