Lensa Nusantara
Featured Pemerintahan

Penindakan Tegas Terhadap Pedagang yang Menyalahi Aturan di Pusat Pasar Sidikalang Akan Dilakukan Dalam Minggu Ini

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.ID
Dalam rangka penataan dan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Pasar Sidikalang yang sudah dilaksanakan sejak 27 Februari 2021, berdasarkan evaluasi belum mencapai progres yang diharapkan serta tren peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Dairi memerlukan upaya mendesak untuk ditindak lanjuti.

Tim penataan Pasar Sidikalang mengadakan rapat diruang sekretariat Kantor Bupati Dairi. Rapat tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab Dairi, Kabag perekonomian Kab Dairi, Dinas Perindagkop,BPBD, Satpol PP, Dishub, Perumda, Dinas Perijinan, Kecamatan Sidikalang dan Dinas Sosial dan Dewan Direksi PD Pasar Sidikalang.

Yang mana dari hasil evaluasi yang didapat dimana tim penataan kekurangan personil sehingga harus meminta bantuan dari lintas OPD lain dan mengundang tim dari BPBD, Dinas Sosial dan Perumda dalam rapat untuk membantu tim penataan dalam menambah jumlah personil.

Seperti diketahui keadaan Pasar Sidikalang yang sangat semrawut akibat dari penataan parkir yang tidak teratur. Yang mana mobil bisa parkir di kedua sisi jalan dan termasuk parkir becak yang berlapis lapis hingga memakan hampir tiga perempat badan jalan. Namun selama ini terlihat Dinas Perhubungan seperti tidak mau tau dan terkesan cuek dan mengakui kalau hal itu bukan dalam kewenangan mereka

Dalam rapat saat hal ini ditanyakan oleh Kabag Perekonomian Kab Dairi Lipinus Sembiring kepada utusan dari Dinas Perhubungan, Timbul Silalahi perwakilan dark Dinas Perhubungan mengatakan kalau mobil parkir boleh di kedua sisi jalan dan mobil juga bisa parkir memanjang searah jalan dan begitu juga dengan parkir becak yang dikatakan bukan dibawah kewenangan dari Dinas Perhubungan.

Mendengar jawaban ini Asisten Perekonomian selaku pimpinan rapat meminta dan mendesak Dinas Perhubungan agar membuat dan mengajukan peraturan baru terkait hal ini dan harus diselesaikan dalam Minggu ini. Agar pada hari Sabtu nanti akan segera dimulai penataan dengan strategi baru dan akan melakukan penindakan terhadap para pedagang dan pemilik mobil termasuk juga pengemudi becak yang dianggap melanggar ketertiban umum.

“Coba pedomani Perbub no 31 thn 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19 yang didasarkan oleh Inpres No 6 thn 2020 serta Permendagri nomor 4 tahun 2020 tentang pengaturan kepala daerah atas penerapan disiplin, yang artinya boleh disiapkan oleh Dinas Perhubungan berupa Peraturan Bupati terkait hal demikian dan segera disiapkan dalam Minggu ini.” Kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Dairi Charles Bancin.

Dan dalam rapat terkait masalah penindakan terhadap pedagang yang berjualan di bahu jalan apabila di tindak dan di arahkan agar berjualan didalam area pasar, pihak PD Pasar mengaku telah siap menampung seluruh pedagang didalam pasar. Yang mana pihak PD Pasar juga telah menyiapkan dan merombak lahan parkir blok A menjadi salah satu tempat untuk menampung para pedagang. Begitu juga dengan pasar pagi, pihak PD Pasar juga telah menyiapkan tempat di lokasi eks terminal sebagai lokasi Pasar Pagi dan telah menyiapkan lampu sebagai penerangan. Seperti diketahui kalau Pasar Pagi ini dimulai dari pukul 03:00 wib s/d 09:00 wib.

Pihak PD Pasar melalui Direktur Operasional Candra Simanjuntak SH juga meminta keaktifan dari Dinas Perhubungan dalam mengelola parkir yang ada di seputaran atau di lingkar Pasar Sidikalang. Dan menyoroti Satpol PP yang dalam tugas sebenarnya adalah melakukan penindakan terhadap pedagang yang berjualan di bahu jalan namun dalam pelaksanaan nya pihak Satpol PP tidak melakukan penindakan dan hanya mengarahkan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan saja.

Diakhir rapat sebelum ditutup oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Dairi Charles Bancin meminta agar kehadiran personil seperti lembaran surat tugas dari Sekda Kab. Dairi Leonardus Sitohang yang dibagikan saat rapat dapat dihadiri oleh setiap Personel dari OPD yang tugaskan dan meminta agar dinas perhubungan membuat peraturan baru mengenai pengelolaan lahan parkir yang ada diseputaran pasar sidikalang. Agar progres penataan pasa sidikalang dapat tercapai dan hal ini sangat mempengaruhi dalam pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Dairi. (Mula)

Related posts

Ulangan Kenaikan Kelas TA 2020–2021, SD Negeri 03 kaimana Terapkan Prokes dan Bagi Dua Shif

Lensa Nusantara

Hari Pertama Buka, Wisata Covid-19 Bantaeng Obati 19 Pasein

Lensa Nusantara

Petahana Pultab Jalani Test Narkoba dan Psikologi

Lensa Nusantara