Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Soal Seleksi Open Bidding, PJ Sekda Bondowoso Lapor KASN Ada Tiga Nama Terbaik

Rudiarto Sumarwono Komisioner KASN bersama Bupati Bondowoso saat memberikan keterangan pers terkait proses open bidding, di Kantor Pemkab Bondowoso, Kamis, 10/6/2021. (foto: Ubay/Lensa Nusantara)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah menerima laporan dari Sekretaris Daerah (sekda) Bondowoso, yang merupakan ketua Panitia seleksi (Pansel) open bidding di Kabupaten Bondowoso.

Sekda melaporkan seluruh proses tahapan seleksi open bidding yang berjalan transparan dan akuntable. Hal itu diakui oleh Komisioner KASN, Rudiarto Sumarwono, usai keluar dari ruang rapat Sabha Bina Praja Pemkab Bondowoso, Kamis, 10/6/2021.

Menurut Rudi, sapaan akrabnya, di dalam Undang-undang nomor 5 tentang ASN, PP nomor 11 Tahun 2011 dan Peraturan Menteri PAN RB nomor 15 TA 2019. Pansel nanti harus menghasilkan tiga nama diakhir, harus ada tiga calon terbaik, dan nanti tiga nama itu akan disampaikan oleh pansel kepada Bupati.

“Bupati nanti berkirim surat kepada kami KASN, dan tiga calon nama tersebut bisa di berikan kepada KASN,” kata Rudi.

Untuk mendapatkan tiga calon terbaik dari seluruh peserta open bidding, Rudi memaparkan sejumlah proses penilaiannya, diantaranya adalah rekam jejak dan nilai pendidikan dari peserta open bidding.

“Yang pendidikannya S-3 Doktor, sub komponen itu tentu nilainya lebih besar dari pada yang lulusan S-2 atau S-1,” ungkapnya.

Kemudian, kata Rudi, ada assesment center (sebuah metode berbasis kompetensi/sebuah konsep untuk dapat mengukur kemampuan, keterampilan dan pengetahuan *red) ada tiga yang diujikan, kompetensi managerial, teknis, dan sosio kultural juga makalah serta kompetensi bidang dan terahir adalah wawancara, jadi ada empat nilai besar.

“Sesuai Permen-PAN 15 TA 2019, wawancara mendapat porsi yang terbesar, boleh minimal 30 persen, itu semua sudah ada aturannya, nanti semua nilai dari empat komponen akan dijumlah ke nilai rata-rata, baru akan kelihatan calon terbaik 1, 2 dan 3,” ucapnya.

diberitakan sebelumnya, bahwa Pemkab Bondowoso membuka lelang jabatan atau open bidding secara terbuka, ada 14 kursi OPD yang dilelang serta sejumlah posisi strategis di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, sampai saat ini proses open bidding masih berlanjut. (ubay)

Related posts

Kapolres AKBP. Erick Frendriz, S.I.K, M.Si Laksanakan Silaturahmi Kapada Ketua MUI Bondowoso

Redaksi

Jelang Pemilihan Ketua KONI Bantaeng, Ketua Cabor Anggar Usulkan Jalani Feet And Proper Test Kepada Seluruh Calon

Lensa Nusantara

Putus Mata Rantai Covid-19 SatIntelkam Polres Metro Bekasi Bagikan Masker di Sektor Industri

Lensa Nusantara