Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Yuk Daftar!!.. Pemkab Bondowoso Tawarkan Beasiswa Bagi Masyarakat, ASN, Perangkat Desa dan Pelaku UMKM

Asisten I Pemkab Bondowoso, Wawan Setiawan, usai bertemu UPT Kominfo Jatim, di Peringgitan, Jumat, 11/6/2021.

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID -Kementrian Kominfo melalui Kominfo Jawa Timur bersinergi dengan Pemkab Bondowoso dalam program prioritas, yakni digital Scholarship (Beasiswa) bagi lapisan masyarakat, lulusan SMA yang belum bekerja, Mahasiswa, ASN, perangkat Desa dan pelaku UMKM.

UPT Kominfo Jatim, Eka Handayani mengatakan, pihaknya datang ke Bondowoso untuk bekerjasama dengan Pemkab Bondowoso dalam rangka membawa program Kominfo yakni Fresh Graduate Academy (FGA) dan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA).

Untuk program FGA ini bisa di ikuti oleh lulusan D-3 D-4 atau S-1 semua jurusan, pendaftaran dimulai Tanggal 11 Juni 2021 sampai 30 Juni. Untuk yang program sarjana diselenggarakan di 10 perguruan tinggi di Jatim, yang bisa di pilih sesuai kebutuhan masyarakat. Hal itu disampaikan Eka Handayani usai bertemu Bupati Bondowoso di peringgitan, Jumat, 11/6/2021.

“Agar masyarakat Bondowoso bisa mengambil skema pelatihan, jadi program digital scholarship ini ada sembilan akademi yang akan kami selenggarakan, yang sudah dibuka pendaftarannya,” ucapnya.

Adapun untuk program VSGA, kata dia,  bisa di ikuti oleh lulusan SMK, SMA, MA yang belum bekerja dan korban PHK. Bisa mengikuti program VSGA tersebut, pendaftaran sudah di buka mulai Tanggal 1 Juni sampai 30 juni 2021.

“Untuk link pendaftarannya, kami umumkan nanti bagi masyarakat Bondowoso yang mau mendaftar, usia maksimal 29 Tahun,” tambahnya.

Khusus VSGA akan di selenggarakan oleh kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Polinima Malang, Polije Jember, PNM Madiun, Poliwangi Banyuwangi, dan Fokasi ITS, bisa memilih di enam Perguruan Tinggi tersebut dengan skema yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Semakin banyak masyarakat Bondowoso yang ikut mendaftar, semakin banyak peluang yang akan diterima nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bomdowoso Wawan setiawan menuturkan, Bupati Salwa Arifin mendukung dan mengapresiasi program dari Kominfo melalui UPT Surabaya ini, yang bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat Bondowoso, Pemkab akan menyiapkan segala sesuatunya, data-data peserta untuk memudahkan masyarakat yang mau mendaftar.

“Ini kesempatan yang baik dari Kementrian Kominfo melalui UPT Provinsi, dalam rangka peningkatan SDM masyarakat Bondowoso,” kata Wawan.

Wawan menegaskan, program FGA dan VSGA ini diawali dengan pelatihan dan nanti bisa mendapatkan beasiswa kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, bahkan ke luar Negeri secara gratis.

“Tetapi nanti ditahap akhir ada seleksi, test khusus diantaranya bahasa inggris, akademiknya juga bagus, bagi yang memenuhi syarat bisa melanjutkan kuliah gratis ke luar Negeri,” ungkapnya.

Program ini, kata Wawan, bagian dari tindak lanjut arahan Presiden jokowi. Dalam rangka pengembangan percepatan SDM pembangunan digital, sehingga perlu ada kegiatan yang menyentuh langsung kpada masyarakat bawah, lulusan SMA, Mahasiwa semester akhir, ASN, Perangkat Desa dan dunia usaha atau pelaku UMKM aktif.

“Nah ini penting untuk meningkatkan SDM masyarakat Bondowoso,” ucapnya.

Wawan menghimbau agar masyarakat mendafatar sebanyak banyaknya, apabila kuota tidak memenuhi pada Tahun ini, bisa diselenggarakan Tahun depan secara khusus di Bondowoso.

“Yang tidak tercover sekarang bisa didaftarkan Tahun depan, untuk pelaku UMKM nanti Diskopperindag akan mendatanya,” pungkasnya. (ubay)

Related posts

Aster Kasad Resmikan Hasil Karya Bakti TNI AD di Kabupaten Bogor

Lensa Nusantara

Terkait Penganiayaan Warga Prenduan Sumenep, Kuasa Hukum Berharap Proses Sesuai Prosedur

Lensa Nusantara

Polsek Kampar Kiri Hilir Amankan Penjual dan Penadah Barang Curian Onderdil Truk

Lensa Nusantara