Berita  

Menyambut Hari Raya Adul Adha, Baznas Lumajang Mengadakan Pelatihan Juru Sembelih Hewan Qurban di Aula Kantor Kementrian Agama

Lumajang, LENSANUSANTARA.CO.ID -Menyambut Hari Raya Iduladha, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Manajemen Qurban, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Sabtu (2/7/2022).

Saat membuka acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Lumajang, Basuni menyampaikan, bahwa dirinya meminta seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin.

Dirinya juga meminta peserta yang terdiri dari penyembelih hewan, Ketua Kantor Urusan Agama dan Ketua Takmir Masjid, nantinya juga menyalurkan ilmu yang didapat kepada masyarakat luas.

BACA JUGA :  Sebagai Tuan Rumah Porprov Jatim ke-VIII, Diharapkan Sebagai Pintu untuk Even yang Lebih Tinggi

“Ini merupakan ilmu untuk menentukan halal sesuai dengan syariat islam, nanti bisa disampaikan kepada masyarakat luas, karena ini juga ada wabah PMK,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pelatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan itu sangat membantu masyarakat utamanya pelaku usaha warung makan yang menyediakan menu daging sapi, ayam ataupun lainnya agar mengetahui daging yang dijual sudah melalui proses penyembelihan, sesuai dengan syariat islam.

BACA JUGA :  Kadis Pariwisata Yuli Haris Berharap, Pemilik Penginapan Mendukung Porprov Jatim di Lumajang dengan Memberikan Kenyamanan Para Tamu

“Ini adalah salah satu keterampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki, nanti juga disampaikan kepada masyarakat. Ini sangat bermanfaat untuk kita semua,” ungkap dia.

BACA JUGA :  Terbukti Membawa Sabu 1.12 Gram, WH Ditangkap Reskoba Polres Lumajang

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Lumajang, Atok Hasan Sanusi dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan daging kurban yang bisa dikonsumsi, selain dalam hal kehalalannya, juga daging yang aman dikonsumsi saat wabah PMK.

“Kami lebih mengenalkan bagaimana hewan ternak yang menjadi konsumsi kurban menjadi halal secara daging dan aman untuk dikonsumsi apalagi saat wabah PMK,” pungkasnya. ( Amir/Dyah )