Wujudkan Perubahan FDW-PYR Cairkan 16.3 Miliar untuk Pembayaran Gaji ke-13 Tepat 1 Juli

Minsel, LENSANUSANTARA.CO.ID -Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kucurkan belasan miliar rupiah untuk pembayaran gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara atau ASN di lingkungan Pemerintahan tersebut.

Sebanyak 3.461 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 59 Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) di Kabupaten Minsel telah kecipratan dana sekira 16.3 Miliar rupiah.

Adapun penggelontoran dana tersebut merupakan bentuk komitmen Bupati dan Wakil Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar dan Petra Yani Rembang (FDW-PYR) kepada para ASN di lingkup Pemkab Minsel.

Diketahui, tepat di hari Jumat (1/7) kemarin, Pemkab Minsel melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) telah membayarkan gaji ke-13 para ASN yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

BACA JUGA :  Wabup Indah: Dirinya Optimis Jika Sudah Dilakukan Normalisasi, Kali Asem Akan Tampak Bersih dan Indah

Menyoal pencairan gaji ke-13 ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16/2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Sebelumnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memastikan mencairkan gaji ke-13 PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun aparatur sipil negara (ASN) lain pada 1 Juli 2022.

BACA JUGA :  Tatapaan Juarai Turnamen Sepak Bola Putri Piala Ketua dan Sekretaris TP-PKK Minsel

Sedangkan teknis pelaksanaan pencairan gaji ke-13 juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 75/PMK.05/2022.

“Sesuai petunjuk Pak Bupati dan Wakil Bupati 1 Juli gaji ke-13 bulan dibayar serentak,” ujar Kepala BPKAD James Tombokan yang ikut dibenarkan Kepala Dinas Kominfo, Royke Mandey, Jumat (01/07/2022).

Lebih lanjut dikatakan Tombokan, pembayaran gaji ke-13 ini dilakukan setelah dikeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) atau petunjuk teknis (juknis) pembayaran.

“Nominal yang dikucurkan kepada ASN, itu sesuai gaji pokok bulanan, dan pencairan bersamaan dengan pembayaran gaji bulan Juni, jadi awal bulan ini mereka dapat doble,” terangnya.

BACA JUGA :  Gerak Cepat Bupati FDW, Pemkab Minsel Bangun 120 Unit Hunian Sementara Bagi Korban Bencana Alam

Di lain sisi, dengan adanya pembayaran gaji ke-13 ini, percepatan pemulihan ekonomi Nasional dapat makin didorong dengan menambah daya beli masyarakat, sehingga terjadinya perputaran uang yang berdampak positif bagi perekonomian.

Di samping itu, dengan dibayarkannya hak para ASN ini, tentunya juga pemerintah mengharapkan para ASN dapat menjalankan kewajibannya melalui kinerja yang maksimal sesuai bagian dan tupoksinya masing-masing.(Stevens)