Camat dan Kepala Desa Tidak Hadir? Bupati Dairi: Wah, Saya Tarik Ini Bantuannya

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.ID –
Bupati Dairi DR Edy K.A. Berutu menyatakan rasa kaget dan heran nya saat memberi kata sambutan ketika menghadiri acara Sosialisasi Mekanisme Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) di Gedung Olah Raga Sidikalang, Jumat 5.agustus.2022. Sebanyak 176 rumah dari 4 Kecamatan mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan yang seterusnya mendengar laporan dari Kadis PUTR Hotmaida Butar Butar. Dalam laporannya Hotmaida menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan untuk memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman. “Bantuan berupa uang akan akan diberikan langsung kepada penerima melalui rekening Bank Sumut yang sudah diberikan sesuai mekanisme yang sudah ada.”

BACA JUGA :  Pj. Bupati Kampar Resmi Buka Bagholek Godang Festival Untuk Enam Hari Kedepan

Hotmaida juga menjelaskan penerima bantuan tersebar di 4 Kecamatan yaitu, Kecamatan Pegagan hilir tepatnya di Desa Bandar Kuta Usang 25 unit, Kecamatan Siempat Nempu Hulu yang berlokasi di Desa Kuta Tengah 53 unit, Kecamatan Silima PP lebih tepatnya di Desa Lae Pangaroan 30 unit dan Kecamatan Tigalingga lebih tepatnya di Desa Lau Mil 68 unit.

Sementara itu Bupati Dairi DR Edy K.A. Berutu sebelum menyampaikan sambutannya mencoba mengabsen Camat, Kepala Desa dan penerima bantuan yang hadir pada acara Sosialisasi. Saat Bupati Dairi memanggil Camat Tigalingga dan Kepala desa nya, setelah sebelumnya memanggil Camat Silima PP dan Pegang Hilir, ternyata keduanya tidak hadir. Bupati Dairi merasa kaget. “Mana Camat Tiga lingga.?, Kepala Desa Lau Milnya mana.?” tanya Bupati Dairi. Namun tidak seorang pun tunjuk tangan.

BACA JUGA :  Tangis Haru Keluarga WBP Rutan Situbondo Saat Kunjungan Tatap Muka Perdana

“Wah, Camat Tigalingga dan Kepala Desanya tidak hadir.., saya tarik ini bantuannya.” kata Bupati Dairi kepada penerima bantuan yang berasal dari Desa LauMil Kecamatan Tigalingga. Sembari memerintahkan kepada Agung Kabid PUTR untuk memanggil Camat Tigalingga. Dan tak lama berselang Camat Tigalingga Untung Roy Boy Nahampun hadir di Gedung Olah Raga Sidikalang.

Kemudian Bupati Dairi menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan kolaborasi antara pihak Kementrian PUTR dan Pemerintah Kabupaten Dairi. “Akan diberikan bantuan stimulan berupa uang dengan total Rp 35 juta rupiah. 20 juta itu dari Kementrian dan 15 juta itu dari saya (Pemkab Dairi).” kata Bupati Dairi kepada penerima bantuan yang hadir di Gedung Olahraga Sidikalang.

BACA JUGA :  Wabup Lumajang Pantau Langsung Operasi Pasar Murah Minyak Goreng

“Akan ada Tim fasilitator lapangan yang akan diturunkan oleh Kementrian sebagai perpanjangan tangan Kementrian dan Dinas PUTR Kabupaten Dairi untuk mengawasi pembangunan Rumah Layak Huni ini agar digunakan sebaik baiknya.”kata Bupati menambahkan. Pemkab Dairi melalui Dinas PUTR Kabupaten Dairi telah mengajukan proposal permohonan bantuan sebanyak 8557 unit BSPS jenis Peningkatan Kwalitas Rumah Swadaya (PKRS) sumber dana APBN untuk Tahun 2023 melalui aplikasi SIBARU.

Selanjutnya Bupati Dairi didampingi Kadis PUTR bersama Lambok Tampubolon perwakilan dari Bank Sumut menyerahkan langsung Buku Tabungan rekening Bank Sumut sebagai rekening dimana bantuan tersebut akan diterima oleh para penerima bantuan.(Mula)