Daerah

KKN IAIN Madura Posko 5 di Desa Tlagah Pamekasan Gelar Seminar Pemberdayaan Petani dan UMKM

×

KKN IAIN Madura Posko 5 di Desa Tlagah Pamekasan Gelar Seminar Pemberdayaan Petani dan UMKM

Sebarkan artikel ini
KKN IAIN Madura
KKN IAIN Madura Posko 5 Desa Tlagah foto bersama pemateri dan peserta seminar Pemberdayaan Petani dan UMKM. (dok. KKN IAIN Madura Posko 5 Desa Tlagah).

Pamekasan, LENSANUSANTARA.CO.IDKKN IAIN Madura Posko 5 Desa Tlagah, Kecamatan Pagantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Provinsi Jawa Timur menggelar Seminar Pemberdayaan Petani dan Sosialisasi UMKM.

Kegiatan ini digelar di Dusun Blureh dan Bhebhen yang diikuti oleh 12 pelaku UMKM, 15 kelompok petani, dan 10 siswa perwakilan SMK Jurusan Pertanian.

Example 300x600

Koordinator Desa KKN IAIN Madura Posko 5, Achmad Nuruddin menyampaikan, peninjauan dalam upaya meningkatkan hasil panen petani dan produk-produk pelaku UMKM desa harus menjadi daya saing yang baik.

“Upaya yang kami lakukan ini, adalah untuk mendukung peningkatan hasil panen petani dan produk-produk pelaku UMKM desa agar memiliki daya saing yang baik. Kaum muda harus tahu dan tidak gengsi dalam membangun kemajuan masyarakat dan desa,” ujarnya.

Menurutnya, pemberdayaan dan sinergi antara petani dan pelaku UMKM harus mendapatkan pendampingan yang serius.

“Pemuda, aparat, dan masyarakat desa seharusnya tidak alergi terhadap kemajuan masyarakatnya. Desa-desa yang maju biasanya karena semua elemen bekerja sama, terutama dalam meningkatkan produk-produk dan hasil panen yang berkualitas,” tegas Achmad.

Selaras dengan itu, Umamizayyan, salah satu peserta seminar dan perwakilan kelompok tani, mengungkapkan persetujuannya terhadap inisiatif KKN IAIN Madura Posko 5.

“Saya mewakili seluruh elemen masyarakat disini sangat setuju dengan peran dan apa yang disampaikan adik-adik KKN. Ini langkah yang bagus untuk memberikan dampak signifikan dalam lima tahun ke depan. Tak hanya desa yang akan maju, tetapi masyarakatnya juga akan lebih maju,” ungkapnya. (Rofiuddin)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.