Pendidikan

Perkuat Literasi-Numerasi, SMPN 1 Pakem Bondowoso Gelar IHT Reorientasi Pembelajaran

×

Perkuat Literasi-Numerasi, SMPN 1 Pakem Bondowoso Gelar IHT Reorientasi Pembelajaran

Sebarkan artikel ini
Kepala SMPN 1 Pakem
IHT Peningkatan Mutu Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi-Numerasi di SMPN 1 Pakem, Bondowoso.

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam upaya memperkuat literasi dan numerasi di kalangan siswa, SMP Negeri 1 Pakem menggelar In House Training (IHT) bertema “Reorientasi Pembelajaran” yang berlangsung pada Kamis, (12/9/2024).

Kegiatan ini melibatkan seluruh guru dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran yang adaptif terhadap tantangan kurikulum merdeka dan penguatan kemampuan dasar siswa.

Example 300x600

Kepala SMPN 1 Pakem, Tien Roostini, S.Pd, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya reorientasi pembelajaran yang berfokus pada literasi dan numerasi sebagai fondasi utama pendidikan.

BACA JUGA :
Jelang Pemungutan Suara, KPU Bondowoso Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusakahkan

“Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang efektif harus mampu mempersiapkan siswa untuk berpikir kritis dan memiliki keterampilan problem solving yang baik,” ujar Tien.

IHT ini menghadirkan narasumber Fasilitator Nasional Integrasi Literasi-Numerasi dalam Pembelajaran, Mohammad Hairul, M.Pd. Para peserta diajak untuk mengeksplorasi berbagai strategi pembelajaran inovatif yang menekankan pendekatan berbasis masalah (problem-based learning) dan pembelajaran kontekstual untuk mendukung pencapaian literasi dan numerasi yang lebih baik.

BACA JUGA :
Begini Kronologis Pembakaran Santri PP. Al Irsyad Bondowoso

Selain itu, guru-guru juga didorong untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar, mengintegrasikan media digital untuk meningkatkan daya tarik dan keterlibatan siswa.

Dalam sesi diskusi, beberapa guru berbagi pengalaman dalam menerapkan metode-metode baru yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

Tien Roostini berharap setelah IHT ini, para guru dapat semakin memahami peran strategis mereka dalam membimbing siswa mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi.

BACA JUGA :
STAI At-Taqwa Adakan Studium Generale Sebagai Bekal Penangkal Paham Radikal

“Kami ingin memastikan bahwa setiap guru mampu merancang pembelajaran yang menarik, relevan, dan mampu memacu kreativitas siswa,” tambahnya.

Dengan diadakannya IHT ini, SMPN 1 Pakem menunjukkan komitmen kuat dalam mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dalam menghadapi tantangan masa depan.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.