Berita

Sosialisasikan Operasi Zebra Semeru 2024, Polres Magetan Bagikan Pamflet dan Coklat untuk Pengendara

×

Sosialisasikan Operasi Zebra Semeru 2024, Polres Magetan Bagikan Pamflet dan Coklat untuk Pengendara

Sebarkan artikel ini
Kasat Lantas Polres Magetan
Kasat Lantas Polres Magetan, AKP Ade Andini Bagikan Bunga kepada Pengendara Motor.

Magetan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pada hari pertama Operasi Zebra Semeru 2024, Senin (14/10/2024), Polres Magetan memulai aksinya dengan cara simpatik, yakni membagikan pamflet, coklat, dan bunga kepada para pengendara di jalan.

Operasi ini akan berlangsung dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas dan mendukung suksesnya pelantikan Presiden serta Wakil Presiden terpilih.

Example 300x600

“Kami membagikan pamflet yang berisi informasi 10 prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra, sekaligus memberikan coklat dan bunga sebagai bentuk apresiasi kepada pengendara yang sudah tertib,” jelas Kasat Lantas Polres Magetan, AKP Ade Andini.

Adapun sepuluh prioritas pelanggaran yang disasar dalam Operasi Zebra Semeru 2024 meliputi pengendara motor tanpa helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, dan berboncengan lebih dari dua orang.

Selain itu juga kendaraan barang yang mengangkut orang atau tidak sesuai peruntukannya, penggunaan knalpot brong, kendaraan tanpa spion atau pelat nomor, melebihi batas kecepatan, serta pengendara di bawah umur.

“Kami menghimbau agar masyarakat selalu tertib berlalu lintas, berkendara dengan baik, dan membawa surat-surat lengkap agar tercipta kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,” himbau AKP Ade.

Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana juga memastikan bahwa operasi ini akan mengutamakan langkah preemtif dan preventif untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara. Namun penegakan hukum tetap akan dilakukan, baik secara elektronik melalui ETLE maupun secara manual dengan hunting system.

Beberapa lokasi rawan kecelakaan atau black spot di wilayah Magetan telah dipetakan. Pun jalur cepat Maospati-Ngawi dan Maospati-Madiun juga akan menjadi perhatian khusus dalam operasi kali ini.

“Dengan mengerahkan sejumlah 103 personil serta kolaborasi dengan instansi terkait, diharapkan operasi ini dapat menciptakan kondisi yang aman dan tertib, terutama mengingat momen Pilkada dan tahapan kampanye yang sedang berlangsung,” ujar Kapolres.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.