Berita

Perkuat Peran LKS, Dinsos Magetan Gelar Sosialisasi Pendampingan dan Pencegahan Kekerasan

×

Perkuat Peran LKS, Dinsos Magetan Gelar Sosialisasi Pendampingan dan Pencegahan Kekerasan

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Magetan
Pj Bupati Magetan Nizhamul, didampingi Kepala Dinsos Magetan Parminto Budi Utomo usai kegiatan.

Magetan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam upaya memperkuat peran Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) sebagai mitra pemerintah, Dinas Sosial (Dinsos) Magetan mengadakan sosialisasi yang fokus pada pendampingan dan pencegahan kekerasan, di Aula Gedung Korpri pada Rabu (23/10/2024).

Kepala Dinsos Magetan, Parminto Budi Utomo, menegaskan. “LKS mitra pemerintah, maka di dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan pemenuhan peranan sosial, LKS sangat membantu pemerintah dalam pemenuhan kesejahteraan,” ucapnya.

Example 300x600

Ia berharap sosialisasi ini menjadi momentum bagi LKS di Magetan untuk menjalankan fungsi dan tujuannya secara optimal, serta berkontribusi dalam upaya mencapai akreditasi berstandar nasional, khususnya bagi LKS yang fokus pada anak-anak.

Sosialisasi ini tidak hanya bertujuan untuk membekali para pendamping, tetapi juga untuk mencegah terjadinya malpraktik dalam pengelolaan LKS.

Saat ini, terdapat 22 LKS di Magetan dengan hampir 1.300 anak yang tinggal di panti asuhan. “Harapan kami, LKS bisa berproses menuju akreditasi standar nasional, termasuk teman-teman pendamping,” tambah Parminto.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pj Bupati Magetan, Nizhamul, yang menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencegah kekerasan.

“Kolaborasi berbagai sektor menjadi kunci pendampingan untuk memastikan tidak terjadinya kekerasan,” ujar Pj Bupati.

Nizhamul juga menekankan bahwa pengelolaan LKS yang baik dapat menjadikannya sebagai contoh ideal dalam pengasuhan anak.

“Sosialisasi penting agar LKS bisa betul-betul dilaksanakan baik, sehingga untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan anak dan perempuan,” katanya.

Selain Pj Bupati Magetan, para pendamping LKS juga mendapatkan pembekalan dari Polres Magetan mengenai aspek hukum pencegahan kekerasan, serta perlindungan anak dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB PP dan PA).

Diharapkan, dengan sosialisasi ini, pengawasan dan upaya pencegahan terhadap kasus kekerasan, khususnya pada anak dan perempuan, dapat meningkat secara signifikan di Magetan.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.