Bisnis

Antusiasme Tinggi, 51.483 Tiket KA Jarak Jauh Daop 7 Madiun Terjual untuk Masa Nataru 2024-2025

×

Antusiasme Tinggi, 51.483 Tiket KA Jarak Jauh Daop 7 Madiun Terjual untuk Masa Nataru 2024-2025

Sebarkan artikel ini
Manager Humas KAI Daop 7 Madiun
Penumpang kereta api memasuki gerbong KA.

Madiun, LENSANUSANTARA.CO.ID – PT KAI Daop 7 Madiun mencatat antusiasme masyarakat yang luar biasa menjelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Hingga 19 Desember 2024, sebanyak 51.483 tiket KA jarak jauh telah terjual untuk periode keberangkatan 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Dari total 60.552 tempat duduk yang disiapkan, angka ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan kereta api.

Kereta Favorit dan Tingkat Keterisian Tinggi
Pada masa angkutan Nataru ini, Daop 7 Madiun mengoperasikan empat perjalanan KA reguler dan satu perjalanan tambahan, yaitu KA Brantas tambahan rute Blitar–Pasar Senen PP. Hingga kini, KA Kahuripan menjadi primadona dengan tingkat keterisian mencapai 151%, melampaui kapasitas normal karena adanya penjualan tiket tambahan untuk penumpang berdiri. Berikut tingkat keterisian KA hingga 19 Desember 2024:

Example 300x600

Singasari (Blitar–Pasar Senen): 61%

Brantas (Blitar–Pasar Senen): 54%

Brantas Tambahan (Blitar–Pasar Senen): 40%

Bangunkarta (Jombang–Pasar Senen): 84%

Kahuripan (Blitar–Kiaracondong): 151%

Stasiun dengan Penjualan Tiket Tertinggi
Lima stasiun utama Daop 7 Madiun yang mencatat penjualan tiket tertinggi hingga 19 Desember 2024 adalah:

  1. Stasiun Madiun: 11.187 tiket
  2. Stasiun Kediri: 9.211 tiket
  3. Stasiun Blitar: 6.518 tiket
  4. Stasiun Jombang: 5.216 tiket
  5. Stasiun Tulungagung: 4.768 tiket

Perkiraan Puncak Lonjakan Penumpang
Peningkatan jumlah pengguna jasa KA sudah mulai terlihat sejak hari pertama masa angkutan Nataru. Pada 19 Desember 2024, tercatat 3.644 penumpang telah memiliki tiket keberangkatan. Puncak pra-Nataru diperkirakan terjadi pada 22 Desember 2024, sementara volume tertinggi diproyeksikan pada 29 Desember 2024.

Imbauan untuk Penumpang
Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, mengapresiasi kepercayaan masyarakat dan mengimbau agar perjalanan dipersiapkan dengan matang.
“Kami mengimbau penumpang untuk teliti dalam memilih tanggal dan relasi perjalanan serta tiba lebih awal di stasiun untuk menghindari keterlambatan. Komitmen kami adalah memberikan layanan terbaik demi kenyamanan penumpang selama masa angkutan Nataru ini,” ujarnya.

PT KAI terus memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan, sekaligus mendukung masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman dan bahagia.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.