Kontribusi saya bersama CIMB Niaga berawal pada Agustus 2023, ketika saya terlibat dalam project OCTO Mobile. Saat itu, saya bersama sepuluh rekan tim bertugas memperkenalkan sekaligus mengedukasi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya mengenai alat pembayaran digital. Kami juga membantu para pedagang mendaftarkan QRIS untuk usaha mereka, bahkan mendatangi warung demi warung agar lebih banyak pelaku usaha kecil bisa merasakan manfaat transaksi digital. Program ini berlangsung selama dua bulan dan meninggalkan kesan mendalam bagi saya.
Pengalaman tersebut membuat saya semakin memahami bagaimana CIMB Niaga berperan dalam transformasi finansial di Indonesia. Selama tujuh dekade, perjalanan CIMB Niaga bukan hanya tentang layanan perbankan, melainkan juga tentang kemampuan untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Di era percepatan teknologi, ketika setiap orang di tuntut untuk mampu mengikuti perubahan yang terjadi hampir setiap saat, CIMB Niaga hadir dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia.
Transformasi digital CIMB Niaga telah dimulai sejak lama. Pada tahun 2017 memperkenalkan The New Go Mobile, pembaruan dari aplikasi Go Mobile yang dirancang lebih ramah pengguna. Tiga tahun berikutnya pada 2020 kembali melahirkan OCTO Mobile, sebuah aplikasi super yang mampu mengintegrasikan hampir seluruh kebutuhan keuangan ke dalam satu genggaman. Melalui aplikasi OCTO Mobile, nasabah bisa membuka rekening secara langsung dengan ponsel, melakukan transfer, membayar dan menerima transfer melalui QRIS, hingga berinvestasi dengan lebih praktis.
Tidak berhenti di sana, CIMB Niaga juga kembali meluncurkan inovasi OCTO Clicks sebagai pengganti dari CIMB Clicks. Kehadiran OCTO Clicks memberikan pengalaman lebih lengkap, terutama bagi nasabah yang membutuhkan layanan transaksi bernilai besar. Inovasi ini menjadi bukti nyata bahwa CIMB Niaga tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga membangun ekosistem digital yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha.
Perjalanan digital banking CIMB Niaga juga menghadirkan konsep unik berupa Digital Lounge. Layanan ini memperlihatkan dengan jelas bagaimana perbankan bisa berjalan beriringan secara modern dan berbasis teknologi, Melalui Mesin Self-Service Banking, hanya dengan scan e-KTP dalam 5 menit nasabah bisa membuka tabungan, Layanan Video Banking nasabah di pandu langsung dengan Video Banking Officer untuk transfer uang hingga 1 milyar, Bayar tagihan kartu Kredit, Pinjaman, Pendidikan, e-Voucher Handphone isi ulang, dan tagihan lainnya, namun CIMB Niaga tetap menghadirkan pelayanan secara langsung nasabah ke kantor secara fisik.
Dari segi dunia usaha, CIMB Niaga juga menghadirkan BizChannel@CIMB, sebuah platform digital yang membantu para pelaku usaha baik Perusahaan maupun UMKM untuk mengelola transaksi dengan lebih mudah dan praktis. Inovasi lain kembali hadir dari OCTO Card, kartu kredit digital pertama yang melengkapi pilihan transaksi masyarakat urban yang membutuhkan kecepatan dan fleksibilitas.
Perubahan evolusi super aplikasi dimulai pada tahun 2017 CIMB Niaga memperkenalkan The New Go Mobile, pembaruan dari aplikasi Go Mobile yang lebih ramah pengguna, Transformasi kembali berlanjut pada tahun 2020 ketika lahir OCTO Mobile, sebagai aplikasi yang super dapat mengintegrasikan hampir semua kebutuhan keuangan dalam genggaman seperti pembukaan rekening digital, Transfer, Pembayaran, Hingga Investasi.
Di waktu yang hampr bersamaan, tak lama internet banking OCTO Clicks hadir sebagai pembaruan menggantikan CIMB Clicks, memberikan pengalaman lebih lengkap dalam transaksi bernilai besar, ini adalah inovasi yang membuktikan bahwa CIMB Niaga tidak hanya mengikuti Tren, namun juga membangun ekosistem digital yang relevan dengan kebutuhan nasabah.
Perjalanan digital banking CIMB Niaga tidak berhenti sampai di sini. Hadirnya Digital Lounge sebagai layanan perbankan yang bisa berjalan secara Modern dengan teknologi canggih dan tetap menghadirkan pelayanan secara langsung nasabah ke kantor secara fisik (Bertemu dengan customer service). Dari segi dunia usaha, CIMB Niaga juga menghadirkan BizChannel@CIMB, sebuah platform digital yang membantu para pelaku usaha baik Perusahaan maupun UMKM untuk mengelola transaksi dengan lebih mudah dan praktis.
Tujuh puluh tahun CIMB Niaga untuk Indonesia sudah lebih dari 98 persen transaksi nasabah CIMB Niaga dilakukan melalui kanal digital. Pengguna OCTO Mobile melonjak hingga jutaan, dengan ratusan juta transaksi per tahun. Dari transfer, cicilan, pembayaran belanja, hingga investasi. Digital banking CIMB Niaga telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia.
Tentu jelas, jalan CIMB Niaga tidak tanpa hambatan. Literasi digital masyarakat yang belum merata, ancaman kejahatan siber, hingga persaingan ketat dengan bank digital murni menjadi tantangan yang wajib dijawab. CIMB Niaga menanggapinya dengan edukasi keuangan, penguatan sistem keamanan berlapis, serta pengembangan fitur gaya hidup yang membuat nasabah merasa tenang dan percaya.
Lebih dari sekadar perbankan, digital banking CIMB Niaga telah memperluas akses layanan bagi semua kalangan. Di mana pun, nasabah bisa berinvestasi mulai dari nominal kecil lewat OCTO Mobile, sementara pelaku UMKM di daerah bisa mengakses layanan perbankan tanpa perlu menghabiskan waktu lama di kantor bank. CIMB Niaga 70 tahun untuk indonesia menjadikan teknologi sebagai jembatan, bukan penghalang.
Tujuh dekade sudah berlalu, arah ke depan semakin jelas. CIMB Niaga terus menjadi bukti bahwa layanan perbankan terus relevan di tengah perubahan, mendorong digitalisasi, menjaga keberlanjutan, sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah. Bagi Indonesia yang tengah berlari menuju Visi Indonesia Emas 2045, kontribusi CIMB Niaga adalah pondasi penting menghadirkan perbankan yang inklusif, aman, dan berdaya guna bagi Indonesia.