Pemerintahan

Selain Kanda, Warga Bondowoso Bisa Sampaikan Aduan MBG Lewat Hotline BGN

1250
×

Selain Kanda, Warga Bondowoso Bisa Sampaikan Aduan MBG Lewat Hotline BGN

Sebarkan artikel ini
Momen Launching aplikasi Kanda, tampak Bupati Bondowoso, Abdul Hamid, Wabup, Kajari, Sekda, Kadis Kominfo, Dandim menekan tombol alarm bersama sebagai tanda diluncurkannya KANDA, pada 15 September 2025 (Dok. Prokopim).

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemkab Bondowoso telah meluncurkan aplikasi KANDA, (Kami Melayani Anda Mengawasi). Aplikasi ini berfungsi sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, laporan, dan aspirasi secara langsung dan transparan kepada pemerintah daerah.

Bupati Bondowoso, Abdul Hamid Wahid saat melaunching aplikasi Kanda pada 15 September 2025 lalu menyebut, dengan hadirnya aplikasi Kanda, pemerintah daerah ingin membuka ruang komunikasi yang lebih transparan, efektif, dan akuntabel antara masyarakat dan pemerintah.

Example 300x600

Tak hanya soal keluhan layanan dinas-dinas terkait serta infrastruktur, aplikasi Kanda saat ini juga bisa digunakan oleh masyarakat Bondowoso untuk menyampaikan keluhan atau aduan terkait program Makan Bergizi Gratis (MBG).

BACA JUGA :
Sidang Oknum BPN Bondowoso Digelar, Thamrin: Laporkan DSN Secara Pidana

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bondowoso, Ghozal Rawan, menkonfirmasi pihaknya mempersilahkan masyarakat Bondowoso menyampaikan keluhan atau aduan terkait MBG di aplikasi Kanda.

“MBG ini kan program pemerintah juga, jadi silahkan pak, (bisa melalui Kanda.red),” kata Gozal dikonfirmasi lensanusantara.co id, Jumat (3/10/2025).

Nantinya masyarakat yang menyampaikan keluhan atau aduan lewat aplikasi Kanda, Dinas Kominfo sebagai operator akan meneruskan kepada instansi terkait.

“Ya, nanti kita teruskan ke tim yang ada,” ujar Ghozal.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) MBG Bondowoso, Puspo Pranoto, menyampaikan kapada wartawan bahwa pihaknya membuka Call Center pengaduan yang diletakkan di Dinas Pendidikan setempat.

BACA JUGA :
Komisi IV DPRD Bondowoso Akan Dalami Persoalan yang Menyeret SDN Dadapan 1

Masyarakat yang menemukan berbagai ketidak sesuaian atau ingin menyampaikan keluhan dan masukan terkait pelaksanaan MBG bisa lewat Call Center nomor 0895403109220, layanan informasi MBG Kabupaten Bondowoso.

Selain itu, warga khususnya di Jatim kini bisa langsung menghubungi Hotline Pengaduan resmi Badan Gizi Nasional (BGN).

Layanan ini siap menerima aduan maupun pertanyaan tentang teknis program, distribusi pangan, hingga standar kualitas. Setiap laporan akan diverifikasi dan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

Nomor Hotline:

088 293 800 268 (Operator 1)

088 293 800 376 (Operator 2)

BACA JUGA :
Wakil Bupati Bondowoso Hadiri Grebeg Kampung Baru, Ini Pesannya

Jam Layanan:
Senin-Jumat | 09.00-22.00 WIB

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Arh Achmad Yani, kepada wartawan, ia mengatakan apabila terjadi suatu masalah dan dilaporkan melalui Call Center tersebut bisa langsung ditindak lanjuti.

“Kita bisa langsung tindak lanjuti,” pungkasnya.

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI KANDA

Pertama buka play store, masukkan pencarian Kanda, aplikasi ada tanda titik kuning, kemudian download.

Jika mau menyampaikan keluhan atau aduan, anda harus memasukkan identitas diri, ikuti arahan di aplikasi.

Masyarakat juga bisa melihat daftar aduan yang sudah disampaikan tanpa mengisi identitas diri.(*)

error: Content is protected !!