Lensa Nusantara
Featured Pemerintahan

Apical Bersama Bupati Bogor Ajak Masyarakat Cintai Kuliner Tradisional

Bogor, LENSANUSANTARA.CO.ID – Diprakasai oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor bersama Apical salah satu eksportir minyak kelapa sawit.

Kegiatan tersebut dalam rangka HUT Kabupaten Bogor ke 536 menggelar “Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal” dibuka langsung Bupati Ade Yasin, di Kebun Raya Cibinong, Kamis (27/5/2021).

Apical Group, yang merupakan bagian dari group RGE Group turut mendukung Pemerintah Daerah dalam mempromosikan kuliner tradisional diwujudkan melalui penciptaan resep kuliner sehat dan inovatif berbasis kelapa sawit berkelanjutan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal seperti ubi, bengkuang, dan talas.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Bupati Bogor, Ade Yasin, bahwa salah satu strategi untuk mengajak generasi muda untuk mencintai kuliner tradisional yaitu dengan menghadirkan kuliner tradisional dengan inovasi dan olahan modern untuk mendukung komunitas pangan lokal dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

“Menjaga eksistensi kuliner tradisional serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing akan memberi dampak positif bagi masyarakat. Pengenalan makanan tradisional kepada generasi muda juga penting untuk memperkuat identitas budaya lokal,” tambah Ade Yasin.

Fajar Marhaendra, Senior Manager IDEAS Apical mengatakan bahwa Apical telah menyiapkan enam resep kuliner tradisional khas Kabupaten Bogor.

“Kami telah menciptakan enam resep berbahan dasar pangan lokal Bogor yang telah kami olah sehingga lebih modern dengan memberi nilai tambahan namun dengan cita rasa khas Bogor yang tidak hilang,” ujar Fajar Marhaendra.

Disebutkan, resep-resep tersebut dinamakan chiffon ubi, pia kelereng, puff pastry bengkuang, puff pastry soto mie Bogor, roti ombak ubi, dan mendut Cibinong yang juga kami tampilkan secara langsung dalam demo masak,” jelas Fajar.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Gerakan Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal, Hj Herlina mengatakan kegiatan ini merupakan salah bentuk menyiasati kebangkitan ekonomi di bidang panganan muatan lokal ditengah pandemi COVID-19 belum berakhir.

Lebih jauh disebutkan, dengan menggelarkan kegiatan sekaligus pencanangan panganan ciri khas Kabupaten Bogor semoga diterima semua kalangan lebih generasi muda.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Ibu Bupati dan Apical langsung di pimpin oleh bapak Fajar Marhaendra. Bisa mewujudkan kegiatan ini, ” kata Herliba. (moel)

Related posts

Pria Berambut Gondrong Vs Begal Hingga Akhirnya Begal kabur bersimbah Darah

Redaksi

Security PTPN Tanjung Jati Tangkap Pencuri Sawit

Lensa Nusantara

Desa Sampalan Realisasikan Bantuan Gubernur Tahun Anggaran 2020, untuk Saluran atau Drainase Sesuai Speak RAB

Lensa Nusantara