Lensa Nusantara
Banyuwangi Featured

Tak Mau Hilangkan Sejarah, Ketua DPRD Banyuwangi Tolak Gedung Juang Berganti Nama

Banyuwangi, LENSANUSANTARA.CO.ID – Secara Tegas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi, hal itu disampaikan usai melakukan hearing bersama sesepuh veteran dari berbagai lembaga di Banyuwangi. Kamis (27/05/2021).

I Made Cahyana Negara, selaku ketua DPRD mengatakan, jika tidak menginginkan gedung bersejarah tersebut diganti dengan nama lain.

“Saya memang tidak setuju, digantikannya Gedung Juang 45 dengan nama lain,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi ini.

Menurutnya, Gedung Juang 45 merupakan tempat atau bangunan yang memiliki nilai historis, sejarah, sekaligus simbol bagaimana menghormati para pejuang dan pahlawan kemerdekaan.

Dia lebih merekomendasi polemik Gedung Juang 45 tidak perlu mengganti nama, namun bisa dipergunakan untuk kegiatan apapun.

“Kalau mau dipakai untuk kegiatan lain monggo-monggo saja, seperti mau mengisi kemerdekaan sekarang dengan kesenian, monggo silahkan,” ujarnya kepada awak media, Kamis (27/05/2021).

Untuk itu, lanjut Made , dalam waktu dekat dewan akan mempertemukan pihak terkait dengan para veteran.

Seharusnya, sebelum memiliki keinginan rencana alih fungsi Gedung Juang menjadi Gedung Kesenian Rakyat, dimusyawarahkan terlebih dahulu.

“Jadi sebelum punya keinginan mungkin dipanggil semua, mungkin Dewan Kesenian Balambangan juga menginginkan pakai kesenian, para pejuang veteran ini juga ingin tetap ada,” tandasnya

Oleh karena itu secepatnya kita gelar pertemuan, “mungkin hari Senin nanti kita akan membuka ruang untuk dipertemukan dengan para veteran ini,” paparnya.

Senada dengan itu, Ketua DPC LVRI Banyuwangi Kapten Purn. Kusnari mengatakan, jika nama Gedung Juang 45 berganti dengan nama lain, maka sama halnya menghilangkan sejarah.

“Kalau dihilangkan berarti perjuangan pendahulu kita dikira tidak ada. Karena setiap kabupaten pasti ada Gedung Juang,” jelasnya usai hearing.(Febri)

Related posts

Pelaku Ilegal Logging di Kecamatan Lahei Barat Digiring SatReskrim Polres Barito Utara

Lensa Nusantara

Kecelakaan Menjelang Akhir Bulan Ramadhan Terjadi di Cipari Cilacap

Lensa Nusantara

Petugas OPS Yustisi Juga Bagikan Masker Kepada Pelanggaran Prokes Tidak Bawa Masker

Lensa Nusantara