Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Bondowoso Secara Virtual

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bondowoso mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual dari Gedung Pancasila, Jakarta. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Kabupaten Bondowoso dilaksanakan di Pendopo Bupati Bondowoso Jl. Letnan Karsono Bondowoso dengan mengambil tema “Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”, Selasa (1/6).

Pejabat-Pejabat Upacara virtual di gedung Pancasila Jakarta diantaranya:

  1. Inspektur Upacara: Presiden RI, Ir. H Joko Widodo.
  2. Pembaca Teks Pancasila Ketua MPR Bambang Soesatyo
  3. Pembaca Pembukaan UUD 1945 Ketua DPR RI Puan Maharani.
  4. Pembaca Doa oleh Menko PMK RI Muhadjir Effendy

Hadir dalam Kegiatan upacara virtual di pendopo Bondowoso antara lain:

  1. Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin
  2. Wakil Bupati Bondowoso, H. Irwan Bachtiar, SE, MSi
  3. Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, S.I.K., M.Si
  4. Kasdim 0822 Bondowoso Mayor Inf Irawan Setyadi, SH
  5. Wadanyon Raider 514/SY Mayor Inf M. Safril
  6. Danki Brimob Kompi 3 Yon B AKP Nur Hasyim
  7. Ketua PPAD Bondowoso, Peltu Purn. Khudori
  8. Ketua LVRI Bondowoso, Letkol Purn Mujahid.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual, Presiden Joko Widodo menyampaikan
amanat antara lain:

a. Peringatan hari lahir Pancasila di yang setiap 1 Juni kita peringati harus kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan negara.

b. Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita di Republik Indonesia ini namun tantangan yang kita hadapi dalam pancasila ini tidak semata-mata sama dengan pandangan, globalisasi di belahan dunia tidak serta merta meningkatkan sesama pandangan.

c. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan dan nilai-nilai, ideologi-ideologi transnasional begitu meningkat lini masyarakat sebagai cara dan sebagai strategi perkembangan ilmu teknologi investasi ideologi.

d. Revolusi industri telah menyediakan kemudahan dalam berdialog dalam berinteraksi dan terorganisasi dengan skala besar lintas negara ketika kolektivitas melanda dunia maka interaksi dunia juga semakin mudah dan cepat kemudahan ini bisa digunakan oleh-oleh ideologi-ideologi untuk merambah ke pelosok Indonesia tidak mengenal lokasi dan waktu kecepatan ekspansi ideologi.

e. Standar nasional dengan memanfaatkan teknologi ini saudara sebangsa dan setanah air menghadapi semua ini perluasan pendalaman ideologi bangsa tidak bisa dilakukan dengan cara-cara, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa memanfaatkan pengetahuan dan ilmu teknologi revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam pengembangan ilmu teknologi yang Indonesia.

f. Seluruh aparat tokoh pendidik dan kaum masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu padu proaktif dalam nilai-nilai Pancasila selamat memperingati hari lahir Pancasila alamat membunyikan Pancasila dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. (Yadi/Suhartono).

Related posts

SEKDA Bondowoso, Minta PEMDES Serius Lakukan Pendataan Calon BLT-DD

Redaksi

Polsek Busungbiu Buleleng Melakukan Penyemprotan Disenfektan Dilingkungan Rumah yang Melaksanakan Isolasi Mandiri

Lensa Nusantara

Sakera Sakti Bekuk Komplotan Pencuri Kotak Amal untuk Pesta Sabu di Pamekasan

Lensa Nusantara