Berita

PENTAGUAR SMPN 1 Bondowoso, Rekrut 230 Anggota Baru Pramuka

×

PENTAGUAR SMPN 1 Bondowoso, Rekrut 230 Anggota Baru Pramuka

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Bondowoso
Kepala SMPN 1 Bondowoso Gendot Budiyono, M.Pd. saat prosesi penerimaan Peserta Gugus Depan Baru. Minggu, 15/1/2023. (Foto: Tim Lensa Nusantara)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.IDPramuka pangkalan SMPN 1 Bondowoso adakan Penerimaan Peserta Gugus Depan Baru (PENTAGUAR) 2023. Acara dikemas dengan Persami (Perkemahan Sabtu Malam Minggu) pada Sabtu-Minggu (14-15/1/2023).

Sekitar 230 siswa kelas 7 tahun pelajaran 2022/2023 mengikuti kegiatan yang bertempat di halaman SMPN 1 Bondowoso.

Example 300x600

Acara dibuka langsung Kepala SMPN 1 Bondowoso selaku Kamabigus, Gendot Budiyono, M.Pd. Pembukaan Pentaguar dilaksanakan bersamaan dengan upacara buka latihan EWPK (Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan).

Implementasi EWPK merupakan kebijakan baru SMPN 1 Bondowoso pada semester genap untuk dilaksanakan di jam pembelajaran setiap Sabtu pada 3 jam pertama.

“Melalui EWPK ini saya ingin siswa kelas 8 dan 9 yang sempat kurang optimal mengikuti kegiatan pramuka karena pandemi juga bisa berkesempatan untuk pemantapan,” ungkap Gendot Budiyono.

EWPK diimplementasikan di SMPN 1 Bondowoso atas hasil evaluasi aset dan potensi sekolah.

Keberadaan guru-guru yang sudah bersertifikat KMD (Kursus Mahir Dasar), membuat mereka layak untuk menjadi pelatih. Dibantu oleh siswa-siswa pilihan sebagai pembantu pelatih dari Relite Scout Spasa yang sudah berpengalaman dan bahkan berprestasi di tingkat Kwarda.

“Di semester ini kami juga targetkan untuk segera mengadakan Diklat Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar secara mandiri dan internal bagi guru dan karyawan yang belum,” imbuh Gendot.

“Pada Pentaguar ini adik-adik anggota baru dilatih berproses membentuk kepribadian dan kecakapan hidup melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Mereka berlatih untuk berdedikasi, disiplin, mandiri, dan gotong royong,” ungkap Farikah Rahayu, S.Pd selaku pembina Pramuka satuan putri gudep 01.002 pangkalan SMPN 1 Bondowoso.

Hal senada juga disampaikan oleh Tri Andy Mashuri, S.E selaku Pembina Pramuka satuan putra gudep 01.001 pangkalan SMPN 1 Bondowoso.

“Saya pantau dua hari ini adik-adik anggota baru senang dan antusias mengikuti semua kegiatan. Baik saat di lingkungan sekolah maupun saat penjelajahan di alam terbuka,” katanya.

Acara penjelajahan, penyalaan api unggun, pentas seni, dan lomba yel-yel, lomba PBB tongkat menjadi acara khas yang juga tidak terlewatkan dalam Persami Pentaguar 2023. Ali Machrus, M.Si  selaku Ketua Gugus Depan 01.001-01.002 SMPN 1 Bondowoso menyampaikan bahwa pengukuhan 230 anggota baru dalam  Pentaguar 2023  dilakukan oleh Sidik Waluyo, S.Sos, MM yang merupakan perwakilan dari pengurus Kwarcab Bondowoso sekaligus Pengurus Komite SMPN 1 Bondowoso. (Ark)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.