Pemerintahan

Wali Kota Blitar Santoso Resmikan Taman Kehati Tanjungsari

×

Wali Kota Blitar Santoso Resmikan Taman Kehati Tanjungsari

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Blitar
Wali Kota Blitar Santoso, melakukan pengguntingan pita saat meresmikan Taman Keragaman hayati ( Kehati) yang ada di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jumat, (1/12/2023). Foto: (Arif/ Lensanusantara)

Blitar, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meresmikan Taman Keragaman Hayati (Kehati) yang ada di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jumat, (1/12/2023).

Diketahui, peresmian ini tidak hanya sebagai momen penting bagi Kota Blitar tetapi juga dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023.

Example 300x600

Walikota Blitar, Santoso mengatakan bahwa Taman Kehati memiliki koleksi 161 jenis tanaman langka dan bunga, yang ditanam melalui proses perawatan yang memakan waktu. Dana pembangunan berasal dari APBD Kota Blitar. Selain menjadi tempat pelestarian tanaman langka, Taman Kehati juga diarahkan sebagai wahana edukasi bagi masyarakat.

“Pembangunan Taman Kehati ini merupakan langkah besar untuk pelestarian tanaman langka dan edukasi masyarakat tentang keanekaragaman hayati,”katanya.

Ia menambahkan, fasilitas di Taman Kehati melibatkan area parkir berbayar, mushola untuk beribadah, dan tempat berjualan Pedagang Kaki Lima (PKL), Area ini sangat strategis karena dekat dengan SPBU dan akses jalan ke Masjid Ar Rahman.

“Saya sangat mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar yang membangun taman tersebut karena prosesnya membutuhkan waktu yang sangat lama dalam hal perawatan setelah penanaman,” ungkapnya.

Santoso menjelaskan, untuk relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL), para PKL di utara makam Bung Karno menuju Taman Kehati bertujuan mempercantik kawasan wisata makam Bung Karno.

“Saya merelokasi para pedagang kaki lima di utara makam Bung Karno menuju Taman Kehati yang berada di Kelurahan Tanjungsari Kota Blitar, untuk mempercantik tampilan kawasan wisata makam Bung Karno,”jelasnya.

Masih kata orang nomor satu di Kota Blitar, Taman Kehati ini bukan hanya ikon baru Kota Blitar tapi juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Pihaknya, berharap perlunya menjaga dan melestarikan lingkungan di Kota Blitar.

“Ayo dijaga dan dilestarikan supaya kondisi kesehatan Kota Blitar tetap terjaga dengan baik,” tegasnya.

Sebagai informasi, Taman Kehati diharapkan tidak hanya menjadi tujuan wisata populer tetapi juga kontributor utama dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Kota Blitar.

“Semoga, Taman Kehati menjadi saksi bisu bagi upaya bersama melindungi keanekaragaman hayati dan memberikan manfaat positif bagi seluruh komunitas Kota Blitar,” pungkas Walikota Blitar Santoso usai potong pita peresmian yang disertai dengan pelepasan burung perkutut.( Arif/ADV/ Kominfo)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.