Pemerintahan

Wujud Cinta NKRI, Pemda Kaur Laksanakan Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

×

Wujud Cinta NKRI, Pemda Kaur Laksanakan Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

Sebarkan artikel ini
Bupati Kaur
Bupati Kaur foto bersama Forkopimda usai peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu 1 Juni 2024. (dok. Biro Lensa Nusantara)

Kaur, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Kabupaten Kaur melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila, sebagai wujud rasa cinta pada dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Upacara dilaksanakan di lapangan kantor Bupati Kaur komplek perkantoran Padang Kempas Bintuhan, Sabtu (01/06/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara Rama Wijaya Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan. Dihadiri oleh Bupati Kaur Lismidianto, Dandim 0408/BS diwakili Pabung Kodim 0408/BS Kapten Inf Henry Marpaung, Kapolres diwakili Kapolsek Kaur Selatan AKP Ryokun Atmojo, Ketua DPRD diwakili Waka II Alpensyah, Kajari diwakili oleh Kasi Pidum Novi Saputra, Ketua Pengadilan Agama Bintuhan Zuhri Imansyah, Ketua Presidium Samhardi Saleh, Sekda Ersan Syafiri,

Example 300x600

Hadir pula para Asisten, Para Staf Ahli ,Para Kepala OPD, Camat se Kabupaten Kaur, serta tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari Satu Peleton TNI, Satu Peleton Sabhara Polres Kaur, ASN PNS-PPPK dan honorer, serta siswa SMP, SLTA dalam wilayah Kabupaten Kaur.

Dalam amanatnya, inspektur upacara menyampaikan. “Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, tentulah Pancasila dan nilai–nilai yang terkandung didalamnya menjadi bintang, yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita -cita luhur pendiri negara,” jelasnya, Sabtu (01/06/24)

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas, yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, ditengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih, gotong royong seluruh anak bangsa, dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” imbuhnya.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua, untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya mengakhiri kata sambutan.

Kegiatan dilanjutkan dengan foto-foto bersama dan menyaksikan live upacara di Istana Negara. (Adv/SMI)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.