Ekonomi

Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Puluhan Janda di Jepara Dilatih Membatik Hingga Membuat Kue oleh Polisi

×

Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Puluhan Janda di Jepara Dilatih Membatik Hingga Membuat Kue oleh Polisi

Sebarkan artikel ini
Kapolres Jepara
Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho bersama Kepala Desa Tegalsambi saat memberikan edukasi pelatihan kepada emak-emak (Foto: Yos/Lensa Nusantara)

Jepara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sebagai wujud implementasi Commander Wish, Kapolda Jateng, dengan fokus kehadiran polisi untuk membantu aktivitas dan mengatasi berbagai persoalan di masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar pelatihan membatik dan membuat kue bagi ibu-ibu single parent atau janda, pada hari Rabu (14/8/2024).

Kegiatan yang digelar di Pondok Wisata Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara ini, dibuka langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dengan diikuti oleh 25 orang peserta pelatihan.

Example 300x600

Turut hadir juga pejabat utama Polres Jepara, Kadisospermedes, Kepala Kesbangpol, Kepala DP3AP2KB, Forkopimcam Tahunan dan Petinggi Tegalsambi Agus Santoso bersama perangkat desa.

Diketahui, dalam kegiatan pelatihan ini Polres Jepara menggandeng Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI). Dimana dalam pembukaan pelatihan ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan alat membatik dan bahan membuat roti dari Kapolres Jepara kepada peserta.

BACA JUGA :
Pj Bupati Jepara Kukuhkan 30 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih

“Harapan kami, peserta bukan saja mendapatkan keterampilan untuk menghasilkan barang yang bernilai ekonomi, tetapi juga memiliki pengetahuan tentang kemasan, dan pemasaran. Disamping itu, yang tak kalah penting melalui pelatihan ini adalah untuk menjaga semangat peserta. Sebab masa depan masih panjang, utamanya dalam mendidik putra-putrinya,” ujar AKBP Wahyu saat memberi sambutan.

Dipilihnya Desa Tegalsambi menurut Kapolres Jepara, karena desa tersebut telah dicanangkan oleh Polres Jepara sebagai Kampung Kartini Tangguh beberapa bulan lalu.

“Pelatihan ini juga untuk mewarisi cita-cita, semangat dan gagasan R.A. Kartini untuk perempuan Indonesia,” ucapnya.

Mantan Kapolres Sukoharjo ini juga menyampaikan, bahwa pelatihan ini juga merupakan wujud implementasi Commander Wish Kapolda Jateng Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, dengan fokus kehadiran polisi untuk membantu aktivitas dan mengatasi berbagai persoalan di masyarakat.

BACA JUGA :
Peringati HUT ke-79 RI, RSUD RA Kartini Jepara Gelar Karnaval Sepeda Hias dan Promosi Klinik Fetomaternal

“Jajaran kepolisian harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan membantu mengatasi persoalannya. Karena itu, Polres Jepara selalu membersamai usaha Pemerintah Kabupaten Jepara dalam memberdayakan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah IPEMI Jepara Eviana Luthfia mengatakan, bahwa IPEMI sebagai mitra pemerintah, termasuk Polres Jepara selalu berusaha hadir untuk memberdayakan perempuan Jepara.

“Kami memberikan apresiasi terhadap langkah Kapolres Jepara yang telah mendirikan Kampung Kartini Tangguh di Desa Tegalsambi. Ini adalah upaya nyata menghadirkan spirit dan gagasan R.A. Kartini dalam memberdayakan perempuan dalam mengatasi persoalan sosial yang ada,” ujarnya.

BACA JUGA :
Nur Hidayat Fokus Program Kerja Prioritaskan Pekerjaan Kaum Difabel di Jepara

Lebih lanjut, Evina menambahkan, “Ipemi kedepan akan selalu berkoordinasi dengan Polres Jepara terkait dengan program program unggulan yang dapat dikolaborasikan dengan Ipemi sehingga program tersebut dapat berjalan sesuai dengan sasaran yang tepat,” katanya.

“Bagi ibu-ibu single parent nantinya akan kita dampingi sehingga kegiatan hari ini tidak hanya sebatas sombolis namum akan dilaksanakan secara berkelanjutan,” tandas Evina.

Ucapan terima kasih kepada Kapolres Jepara juga disampaikan oleh Petinggi Tegalsambi Agus Santoso yang telah memberikan perhatian khusus kepada masyarakat Desa Tegalsambi. (Yos)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.