Bisnis

Kepala Bapeda Litbang Kobar: Wings Air Perkuat Konektivitas Antar Provinsi di Kalimantan dengan Rute Baru

×

Kepala Bapeda Litbang Kobar: Wings Air Perkuat Konektivitas Antar Provinsi di Kalimantan dengan Rute Baru

Sebarkan artikel ini
Caption : Kepala Bapeda Litbang Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Kepala Bapeda Litbang Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Juni Gultom

Kotawaringin Barat, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam upaya memperkuat konektivitas antar provinsi di Kalimantan serta mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN), Wings Air, bagian dari Lion Air Group, secara resmi meluncurkan beberapa rute penerbangan baru. 

Kepala Bapeda Litbang Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, Juni Gultom, Kamis (15/8/2024) mengungkapkan, bahwa Kobar sebagai pintu gerbang Kalimantan Tengah terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan konektivitas, terutama dengan IKN dan wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Example 300x600

“Kobar sebagai pintu gerbang Kalimantan Tengah tetap berbenah untuk konektivitas di Pulau Kalimantan, khususnya dalam mendukung konektivitas dengan IKN dan juga konektivitas ke Pulau Jawa serta seluruh Indonesia, bahkan lebih luas lagi hingga terhubung ke dunia Internasional,” ujar Juni Gultom.

BACA JUGA :
Presiden Jokowi Resmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Nusantara

Ia juga menambahkan bahwa perencanaan untuk menjadikan Pangkalan Bun lebih maju dalam pelayanan masyarakat, khususnya di bidang perhubungan, menunjukkan peningkatan yang signifikan. 

“Semoga sektor perhubungan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang lebih baik menuju Indonesia Emas 2045,” lanjutnya.

Wings Air telah meluncurkan rute baru Pangkalan Bun (PKN) – Balikpapan (BPN) yang akan mulai beroperasi pada 23 Agustus 2024, dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu, yaitu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu.

Rute ini diharapkan dapat memperkuat hubungan Kalimantan Tengah dengan IKN, serta meningkatkan mobilitas antarprovinsi di wilayah tersebut.

BACA JUGA :
Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN, Menteri AHY: Semangat Lanjutkan Pembangunan

Selain itu, Wings Air juga memperkenalkan rute Pontianak (PNK) – Pangkalan Bun (PKN) yang akan mulai beroperasi pada 28 Agustus 2024. Rute ini akan melayani penerbangan setiap Senin, Rabu, dan Sabtu, menghubungkan Pontianak dengan kota-kota lain di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Dengan adanya penambahan rute ini, Wings Air berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kalimantan. Menggunakan pesawat ATR 72, penerbangan ini juga diharapkan dapat membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat lokal hingga ke tingkat kecamatan atau kabupaten.

Langkah ini juga sejalan dengan tema Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024, “Transportasi Maju, Nusantara Baru,” di mana Wings Air berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas transportasi yang lebih efisien di Indonesia.

BACA JUGA :
BNI Cabang Pangkalan Bun Siap Mendukung UMKM di Kotawaringin Barat

Untuk mendukung kemudahan perjalanan, Wings Air memperkenalkan aplikasi BookCabin yang mempermudah proses pemesanan tiket dan check-in secara online. Penumpang juga berkesempatan mendapatkan tiket gratis melalui program “Gratis 50 Tiket Setiap Hari,” yang mencakup lebih dari 200 destinasi.

Inovasi ini menunjukkan komitmen Wings Air dalam menyediakan layanan transportasi udara yang andal, efisien, dan berorientasi pada kebutuhan penumpang di era digital. (Firman Muliadi).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.