Budaya

Resmi Dibuka, Staf Ahli Kemenparekraf Puji Tradisi dan Budaya Pacu Jalur Kuansing Masuk Top Ten KEN 2024

×

Resmi Dibuka, Staf Ahli Kemenparekraf Puji Tradisi dan Budaya Pacu Jalur Kuansing Masuk Top Ten KEN 2024

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bidang Inovasi dan Kreatifitas
Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Bidang Inovasi dan Kreatifitas Restog Krisna Kusuma didampingi Bupati Kuansing Suhardiman Amby memukul gong tanda dibukanya Festival pacu jalur Tepian Narosa Telukkuantan, di Lapangan Limuno, Rabu (21/8/2024).

Kuansing, LENSANUSANTARA.CO.ID – Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Bidang Inovasi dan Kreatifitas, Restog Krisna Kusuma memuji tradisi dan budaya pacu jalur milik masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau.

Pujian tersebut disampaikannya saat membuka festival tradisi pacu jalur event nasional Tepian Narosa Telukkuantan, di Lapangan Limuno Telukkuantan, Rabu (21/8/2024).

Example 300x600

“Pacu jalur tradisional berhasil masuk Top Ten Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Dan ini bukanlah yang mudah,” kata Restog Krisna Kusuma.

Acara pembukaan pacu jalur tradisional event nasional 2024 yang bertemakan Kharisma Event Nusantara-Budaya Lestari, Pariwisata Maju, Ekonomi Bangkit, Masyarakat Sejahtera ini berlangsung semarak dan memukau.

Penampilan Tarian Sembah Cerano, tarian kolosal Riak Tang Kuantan yang menggambarkan keseharian kegiatan masyarakat di Rantau Kuantan dan dimulainya pacu jalur dari beberapa sekolah di Kuansing harapan Dewan Kesenian Kuansing, digarap dengan apik.

Semua mata tertuju dengan suguhan open seremoni pesta rakyat Rantau Kuantan itu. Mulai dari tamu VVIP, seperti Staf Ahli Kemenkraf Bidang Inovasi dan Kreativitas, Restog Krisna Kusuma yang mewakili Menparekrar, Pj Gubri diwakili Sekdaprov SF Hariyanto, Forkopimda Riau, Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby MM bersama Forkomoinda Kuansing, kepala dinas, kepala badan dan ribuan masyarakat Kuansing ikut menyaksikannya.

Menurut Restog Krisna Kusuma keberhasilan masuk Top Ten KEN dan kalender pariwisata KEN menandakan kalau pacu jalur sudah layak dijual, baik nasional dan internasional.

Sementara itu Pj Gubri yang diwakili Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto juga menambahkan bahwa pacu jalur bukan saja milik Kuansing tetapi juga Provinsi Riau.

Dikatakannya, Provinsi Riau terus mendukung tradisi dan budaya yang memikat ini. Selain fasilitas pendukung harus disiapkan sehingga wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman. Dalam pacu jalur 2024, Pemprov Riau mengucurkan dana Rp570 juta untuk hadiah dan operasional.

Sementara Bupati Kuansing H. Suhardiman Amby memberikan apresiasi dengan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat melalui Kemenparekraf dengan masuknya pacu jalur dalam Top Ten KEN 2024.

“Kami selalu berharap dukungan Pemprov Riau maupun pusat dalam melestarikan dan menjaga tradisi yang menjadi warisan leluhur Rantau Kuantan,” harapnya. (Suhendi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.