Advertorial

Peringati Hari Jadi Provinsi Jatim ke-79, Pj Gubernur Jawa Timur Upacara dan Ziarah di Makam Bung Karno

×

Peringati Hari Jadi Provinsi Jatim ke-79, Pj Gubernur Jawa Timur Upacara dan Ziarah di Makam Bung Karno

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono ziarah ke makam Ir. Soekarno di Blitar pada Jumat, (4/10/24). Momen ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur. Foto: ( Arif/ lensanusantara)

Blitar, LENSANUSANTARA.CO.ID – Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin ziarah dan tabur bunga di makam Ir. Soekarno, Pahlawan Nasional dan Proklamator Republik Indonesia, pada Jumat, (4/10/24).

Momen ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur.

Example 300x600

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Wali Kota Blitar, Santoso, Pjs. Bupati Blitar, Jumadi, serta berbagai Kepala Perangkat Daerah dari Pemprov Jatim. Total peserta ziarah mencapai 45 orang, terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kota dan Kabupaten Blitar serta Bakorwil Malang.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy Karyono menekankan bahwa ziarah ke makam pahlawan merupakan tradisi penting bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya bermakna simbol penghormatan kepada Bung Karno, tetapi juga sebagai pengingat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam membangun bangsa.

“Ziarah ke makam pahlawan bukan sekadar rutinitas, melainkan wujud penghormatan dan terima kasih kepada tokoh-tokoh yang telah berkorban besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur Adhy Karyono mengingatkan masyarakat Blitar untuk menjaga ketenangan dan keamanan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang. Ia juga menghimbau semua elemen, termasuk bupati, wali kota, dan Penjabat Sementara, untuk berkomitmen menciptakan suasana harmonis selama masa kampanye.

“Sebagai bagian dari proses demokrasi, kita harus memastikan Pilkada berlangsung damai dan tertib. Mari kita jaga kebersamaan dan saling menghormati, agar semua calon memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan visi dan misi mereka,” ungkap Gubernur Karyono.

Adhy Karyono berharap acara ziarah ini dapat mempererat rasa kebersamaan dan kepedulian sosial di antara masyarakat serta menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda.

” Kunjungan untuk mengingat jasa-jasa dari tokoh bangsa ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme. Melalui kegiatan ini, kita ingin mengingatkan pentingnya menghargai sejarah dan perjuangan para pahlawan kita,” ujarnya.

Setelah rangkaian ziarah dan tabur bunga, Pj. Gubernur Adhy Karyono memberikan bantuan tali asih kepada keluarga juru kunci makam dan sembako kepada ratusan warga kurang mampu di sekitar area makam Bung Karno.

Sebelumnya, Pj. Gubernur juga melakukan ziarah ke makam Gubernur Suryo, gubernur pertama di Jawa Timur.( arif/ ADV/ Kominfo)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.