Inovasi

Kepala Bappeda Taliabu: Gunakan Program SICERDAS untuk Memudahkan Seluruh Akses Informasi Publik

×

Kepala Bappeda Taliabu: Gunakan Program SICERDAS untuk Memudahkan Seluruh Akses Informasi Publik

Sebarkan artikel ini
Kepala Bappeda Pulau Taliabu
Peluncuran program inovatif Strategi Percepatan Perencanaan Daerah Berkualitas (SICERDAS) yang berlangsung di Balai Desa Kilong, Pulau Taliabu.

Taliabu, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kepala Bappeda Kabupaten Pulau Taliabu, Syamsudin Ode Maniwi, S.IP, MM.Pd telah resmi meluncurkan program inovatif Strategi Percepatan Perencanaan Daerah Berkualitas (SICERDAS) yang berlangsung di Balai Desa Kilong, Pulau Taliabu. Senin (21/10/2024).

Program ini merupakan bagian dari Proyek Perubahan yang digagas dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXIV di BPSDM Provinsi Kalimantan Timur.

Example 300x600

Syamsudin menjelaskan, bahwa peluncuran SICERDAS merupakan bagian dari strategi percepatan perencanaan daerah berkualitas. Pada tahap awal, program ini akan diimplementasikan di lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani.

Proses penyusunan dokumen perencanaan dilakukan melalui coaching clinic dengan melibatkan para ahli, serta diiringi peluncuran situs web resmi SICERDAS untuk mempermudah akses informasi Ke depan, proyek ini akan diperluas ke 10 OPD lain melalui workshop dan bimbingan teknis terkait perencanaan daerah, monitoring, dan evaluasi.

“Targetnya, seluruh OPD di Kabupaten Pulau Taliabu akan terlibat dalam implementasi SICERDAS. Dengan demikian, setiap perangkat daerah dapat memanfaatkan inovasi ini untuk mempercepat perencanaan yang lebih berkualitas dan relevan,” ungkap Syamsudin.

Lanjutnya, ia juga menambahkan bahwa manfaat SICERDAS tidak hanya untuk pemerintah daerah, tapi juga masyarakat. Program ini akan meningkatkan kapasitas SDM aparatur perencana dan menghasilkan indikator kinerja yang lebih terukur di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pulau Taliabu.

Bagi masyarakat, implementasi program ini diharapkan mampu mendorong pembangunan yang merata dan terukur di seluruh wilayah.

Selain peluncuran program, terdapat sejumlah hasil konkret seperti SK Bupati yang sudah tersedia, pelaksanaan coaching clinic, serta penyusunan SOP sebagai pedoman pelaksanaan SICERDAS.

“Situs web resmi SICERDAS rencananya dibuka untuk memudahkan akses informasi bagi publik dan aparatur terkait,” tambah Syamsudin.

Kepala Bappeda, sangat optimistis SICERDAS akan membawa perubahan signifikan dalam pembangunan di Pulau Taliabu dan meningkatkan kapasitas ASN dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat.

“Dengan peluncuran SICERDAS, Pemda Taliabu terus berinovasi untuk pembangunan daerah yang lebih efektif dan tepat sasaran,” tandasnya.

Senada dengan itu, Plt. Bupati Pulau Taliabu, Ramli, turut memberikan apresiasi besar kepada Syamsudin Ode Maniwi atas inisiatifnya.

Menurut Ramli, SICERDAS merupakan bukti komitmen untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas perencanaan daerah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“SICERDAS mengutamakan pendekatan berbasis data dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Program ini diharapkan mempercepat penyusunan dokumen perencanaan yang akurat dan mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat Pulau Taliabu,” ujar Ramli.

Ia menambahkan bahwa proyek ini merupakan langkah strategis yang melibatkan partisipasi aktif pemerintah dan masyarakat dalam memastikan pembangunan berjalan sesuai visi daerah.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.