Lensa Nusantara
Bondowoso Featured

Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan IV – Golongan Penegak Digelar di Wisata Tirta Agung

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Minggu, (29/11) bertempat di Kampung Wisata Tirta Agung Desa Sukosari Kidul telah digelar acara Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan IV – Golongan Penegak, acara yang berlangsung selama 5 kali pertemuan mulai 29 November sampai 19 Desember 2020, diikuti oleh 30 calon pembina Pramuka Satuan Karya Pariwisata yang terdiri dari 22 putra dan 8 putri

Slamet Yantoko, S.Sos., MM selaku Wakil Ketua Organisasi Hukum (Orkum) Kwarcab Bondowoso, Dra. Retno Wulandari, MM sebagai Mabisaka Pariwisata, Heru Dwi Cahyo, S.Pd selaku Kapusdiklat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso
Dan Ketua Pimpinan Khusus Ari Eko Supriyadi, S.Pd beserta Tim yang lain yakni Siti Achya, S.Pd., M.Pd

Pembukaan Kegiatan berlangsung lancar dan penuh hidmat. Kakwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso ( H. Irwan Bachtiar Rahmad, SE., MSi ) dalam sambutan nya yang disampaikan oleh Slamet Yantoko, S.Sos., MM mengatakan selamat kepada para peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Semoga dengan diadakannya kegiatan ini peserta menjadi pribadi yang berkarakter, berakhlak terpuji, mandiri, semangat bekerja keras dan disiplin.


“Mudah-mudahan kalian menjadi insan-insan berilmu dan berteknologi yang berguna bagi masyarakat dan bangsa”imbuhnya.

Dalam amanat Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmad, SE., MSi yg dalam isi pesannya mengungkapkan gerakan pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal yang dijadikan media untuk membina diri, membina satuan karya, Satuan Komunitas dan membina masyarakat. Gerakan pramuka telah mampu membuktikan perannya dalam membangun karakter generasi muda sesuai visinya.

”Generasi muda harus mimiliki mentalitas yang tangguh untuk menghadapi tantangan dimasa depan”ujarnya.

Lebih lanjut, Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh peserta KMD yang sehari-hari nya adalah pegiat pariwisata, yang selalu melakukan upaya pelestarian dan promosi pariwisata, menjadi contoh dan panutan generasi muda. Perkaya ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

”Ikutilah kursus ini dengan baik, penuh riang gembira, disiplin dan penuh semangat serta harus selalu berjiwa muda”. Harap Wabup.

Hadir pada acara tersebut, unsur Pokdarwis, Pusdiklat, Disparpora, Kwarcab, Kwartir Dan Para Peserta

Masih dalam sambutan tersebut, kursus KMD sebagai titik tolak paling mendasar bagi para calon pembina untuk memperoleh legalitas membina anggota pramuka di gusudepan, dan Satuan Karya (Saka) melalui KMD ini peserta nantinya akan memperoleh Sertifikat Hak Bina (SHB) sejenis ijazah untuk dapat digunakan untuk membina para pramuka.


“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu upaya kesinambungan organisasi gerakan pramuka guna memberdayakan diri melalui peningkatan segenap potensi sumber daya yang dimiliki para pembina, nantinya para peserta akan memiliki pengabdian dan tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara indonesia”.tegasnya.

  • Reporter : Danny
  • Editor : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Yadi/Rahman

Related posts

Tradisi Maaghak Suwek, Bentuk Syukur dan Lestarikan Hidup Gotong Royong

Lensa Nusantara

Kondisi Ibu Amna Penderita Diabetes Berat Memprihatinkan, Kadinsos Pamekasan Berikan Bansos

Lensa Nusantara

Disdik Keluarkan Edaran Perpanjangan Belajar dari Rumah

Lensa Nusantara