Lensa Nusantara
Featured Polri

Satuan Intelkam Polres Ketapang bersama Forum Pemuda Lintas Etnis Adakan Dialog Silaturahmi

Ketapang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dialog silaturahmi Forum Pemuda Lintas Etnis Kabupaten Ketapang, dilaksanakan bersama Satuan Intelkam Polres Ketapang dan Forum Pemuda lintas Etnis Kabupaten Ketapang.
Kegiatan diadakan di ruangan pertemuan Rumah Makan Seafood 26. Rabu ,17/03/21.
Dialog silaturahmi ini dihadiri perwakilan etnis Pemuda yang ada di ketapang, Kasat , Kaur , Kanit dan satuan Intelkam Polres Ketapang.

Acara dialog di buka Remanus Romawi, SE, M.AP sebagai ketua Forum, dan selanjutnya dialog dipandu Nong Moses, A.md. dari Persatuan Pemuda Dayak sebagai bagian anggota Forum.
Dialog silaturahmi ini mengambil tema Dalam rangka menolak Faham Radikal, toleran guna menjaga tatanan kehidupan yang harmonis.

Pada forum ini, satuan Intelkam polres ketapang berkesempatan memberikan materi , ” Kami mengucapkan apresiasi kepada Forum Pemuda Antar Etnis yang sudah bisa melaksanakan serta menghadirikan teman teman pemuda dari berbagai etnis di Kabupaten Ketapang dalam dialog silaturahmi ini.

Pada intinya menjaga tatanan kehidupan yang harmonis dapat kita lakukan, dengan bagaimana kita menjaga situasi. Dimana situasi mempengaruhi keadaan dan keadaan akan mempengaruhi suasana. Maka kalau kita balik suasana mempengaruhi keadaan, keadaan akan menimbulkan situasi. Suasana apa yang menimbulkan sisi yang positif tentunya suasana dimana saling berkomunikasi , saling berhubungan baik, saling komunikasi jalin silaturahmi ini, seperti kegiatan kita sekarang ini gambarannya.

Kegiatan ini dalah salah satu bentuk dalam menjaga situasi, sehingga keadaan situasi keamanan yang kondusif demikian inti dari bagaimana mempengaruhi suasana keadaan yang menciptakan situasi keamanan terutama di kabupaten ketapang. Akhirnya kita berharap jalin silaturahmi, jalin komunikasi mari kita bersama – sama bekerja, bekerja bersama-sama menciptakan situasi, keadaan di kabupaten Ketapang pada khususnya, menjadi keadaan yang kondusif. Adanya rekan rekan dalam wadah ini apabila terjadi persoalan, tentunya dengan adanya komunikasi seperti ini, menjadi suasana yang lunak yang mempengaruhi keadaan.

Diakhiri pemaparan disampaikan harap agar menjalin komunikasi antar sesama lintas etnis ini secara berkelanjutan dan rutin, sehingga apabila hal hal yang tidak diinginkan, maksudnya rekan rekan lintas etnis hadir dalam menciptakan situasi kondusif dalam mengatasi permasalahan yang ada, yang melibatkan lintas etnis sehingga situasi kondisi ketapang pada umumnya semakin aman, nyaman dan tenang.”
demikian di paparkan Ipda Dewa Jaya F, S.H, M.H. Kaur Bin Ops Intelkam Polres Ketapang.

Dialog silaturahmi ini sangat menarik dan antusias serta di apresiasi oleh peserta, dalam dialog ini diberikan ruang kesempatan kepada setiap perwakilan etnis untuk menyampaikan harapan serta mempererat bingkai persaudaraan dan persatuan dalam peran pemuda menjaga Kamtibmas, silaturahmi serta persaudaraan di kota ketapang.

” Kami bersyukur dalam suasana sekarang, kita masih bisa berkumpul disini walau dengan jumlah terbatas dan tetap menjalankan protokol kesehatan, dan kami terimakasih kepada semua teman teman forum yang membantu terlaksananya kegiatan ini, terlebih ucapan terima kasih kepada satuan Intelkam Polres Ketapang, yang ikut bersama memprakarsai kegiatan ini.
Dialog silaturahmi yang pada hari ini dihadiri berbagai etnis seperti Melayu, Tionghoa, Jawa, Madura, Batak, padang, Timor dan Dayak sangat kita syukuri, walaupun masih ada beberapa etnis yang belum bisa hadir.

Namun kita merasa ada satu harapan dan kemauan bersama agar Forum ini harus di jadikan tempat, wadah pemuda dan masyarakat ketapang, dalam pencegahan dini, wadah komunitas antisipasi masalah dan perubahan pola kehidupan dalam masyarakat dan dapat mengidentifikasi ancaman, ganguan atau hambatan terhadap kamtibmas.
Dan ini bisa kita bangun bersama sama, dengan pihak terkait terutama dengan pendampingan dari Polres Ketapang, serta pemangku kepentingan. dan hasil dialog dan saran, masukan serta harapan peserta akan kami jadikan bahan masukan, dasar untuk keberlanjutan dari Forum Pemuda Lintas Etnis ini.

Mari kita jaga Kamtibmas yang sudah kondusif ini lebih baik lagi, demi keamanan Ketapang yang kita cintai ini.”
Ungkap Remanus Romawi, SE, M.AP. sebagai Ketua Forum Pemuda Antar Etnis Kabupaten Ketapang.

pada Forum ini Kasat Intelkam Polres Ketapang menyampaikan secara singkat,
” Bahwa situasi kondisi kamtibmas kabupaten ketapang Kondusif , dan kondisi ini tidak hanya dilaksanakan oleh Polisi saja,
namun berkat kerjasama masyarakat beberapa elemen baik pemuda, para tokoh, baik tokoh masyarakat, agama, dan pemuka adat di masing masing etnis, memiliki peran untuk menjaga Kamtibmas di kabupaten ketapang.

Point penting keamanan itu diciptakan juga kegaduhan , mau gaduh mau apa itu kita yang menciptakan.
Kalau ada gaduh barang pasti ada yang menciptakan baik sengaja maupun tidak disengaja.
Namun keamanan itu diciptakan pasti ada peran peran kecil masing masing insan di kab. Ketapang. Seperti kegiatan ini , merupakan partikel kecil untuk menjaga Kamtibmas di kab. Ketapang ini , sehingga sedikit banyak dari kita disini sudah ikut menciptakan situasi kondusif di kabupaten Ketapang.”
demikian di sampaikan Iptu Agustana Eka Kusuma, S.I.K , Kasat Intelkam Polres Ketapang.

Kegiatan ini diakhir dengan pembacaan ikrar bersama menolak Faham Radikal, Intoleran, yang diucapkan bersama oleh semua Etnis yang hadir , serta santap makan malam bersama. (adrianus).

Related posts

Satreskrim Polres Bangkalan Ungkap Kasus Penembakan di Sepulu

Lensa Nusantara

Pemdes Wonosari Grujugan Berusaha Memperbaiki Perekonomian Dampak Covid-19, Melalui Sektor Wisata Unggulan P28

Lensa Nusantara

Silaturrahmi, Kepala BNPT Sambangi Rujab Bupati Bantaeng

Lensa Nusantara