Politik

Mengusung Nomor 2, Parisma Manik akan Membawa Desa Gundaling Menjadi Desa yang Harmonis, Makmur dan Bermartabat

×

Mengusung Nomor 2, Parisma Manik akan Membawa Desa Gundaling Menjadi Desa yang Harmonis, Makmur dan Bermartabat

Sebarkan artikel ini

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.ID
Dengan penuh keyakinan diri Parisma Manik sosok muda yang rendah hati, ramah, idealis dan berkomitmen tinggi maju sebagai calon kepala desa di Desa Gundaling Kec. Gunung Sitember Kab. Dairi. Parisma Manik maju dan mendaftar sebagai calon kepala desa dengan mendapat dukungan penuh, baik secara materil dan moril dari keluarga dan masyarakat Desa Gundaling, dan mengusung nomor 2 (dua) saat pencabutan nomor yang dilakukan pada hari Jumat 12 November 2021. Bersaing dengan calon kepala desa incumbent. Yang mana dalam pemilihan ini diikuti oleh dua calon kepala desa.
Motivasi untuk merubah keadaan desa dan rasa yang kuat untuk membangun desanya, Parisma Manik hadir dengan visi dan misi yang kuat dan ingin merangkul seluruh elemen yang ada, yang akan membangun team yang kuat dengan rasa kebersamaan dengan BPD, tokoh tokoh masyarakat, aparat desa, tokoh tokoh agama dan tokoh adat di desanya nanti.
Adapun Visi yang dibawa Parismma Manik adalah :” Membangun desa dengan azas gotong royong dan pemerintahan yang cepat tanggap terhadap masyarakat, demi mewujudkan Desa Gundaling yang makmur dan bermartabat.
Yang dimana Makmur dalam arti : Masyarakat yang harmonis sehingga tidak memiliki ketimpangan sosial dan ekonomi.
Bermartabat dalam arti : Masyarakat yang mampu mewujudkan kondisi cerdas, jujur dan bermoral.
Misi :

  1. Menjalin kerjasama yang lebih kuat dengan mitra lembaga-lembaga yang ada di desa, khususnya BPD. Karena pemerintahan desa yang maju adalah pemerintahan yang memiliki integrasi dan koordinasi yang baik dengan BPDnya.
  2. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan kelompok tani dengan menjalin kerjasama yang baik dengan para penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian untuk memberikan edukasi, serta menjalin kerjasama dengan Bank untuk membantu petani dan UKM mendapatkan pinjaman lunak dan pinjaman lainnya secara berkesinambungan.
    3.penyelenggaraan pemerintahan yang cepat, tanggap, responsif, transparan dan akuntabel, yang meliputi:
    a. Pelayanan kepada masyarakat Gundaling uang prima. Yaitu cepat, tepat, dan tidak pandang bulu.
    b. Pelaksanaan pembangunan yang mengutamakan partisipasi dan gotong royong masyarakat.
  3. Memberdayakan semua potensi yang ada dimasyarakat yang meliputi Pemberdayaan Sumberdaya Manusia. Antara lain :
    a. Mengaktifkan kembali organisasi kepemudaan Karang Taruna dengan kegiatan-kegiatan nyata dan bermanfaat.
    b. Pemberdayaan dan peningkatan Kesejahteraan Ibu-Ibu dan Perempuan melalui kegiatan PKK.
    c. Meningkatkan perhatian terhadap dunia pendidikan yang ada di desa.
    d. Menjaga dan melestarikan sosial budaya dan keberagaman adat istiadat di desa.
    e. Menjaga toleransi umat beragama yang ada di desa.
  4. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Desa Gundaling.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gundaling dengan melibatkan langsung masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan pembangunan.
  6. Memanfaatkan ADD dan DD secara maksimal dan transparan.

Dengan program kerja yaitu :

Example 300x600
  1. Mengoptimalkan kinerja Perangkat Desa sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sehingga tercapai pelayanan yang lebih baik kepada warga desa.
  2. Pengalokasian anggaran desa berdasarkan skala prioritas agar program pemerintah desa dapat berjalan cepat, tepat dan akurat.
  3. Melaksanakan penataan administrasi Pemerintahan Desa Gundaling dengan mengadakan pelatihan-pelatihan mandiri, untuk meningkatkan kapasitas masing-masing aparatur Pemerintah Desa Gundaling.
  4. Guna memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat, akan diupayakan semaksimal mungkin :
    * Memberdayakan lembaga yang ada dimasyarakat, dengan mengajak masyarakat Desa Gundaling untuk ikut serta dalam organisasi yang ada di Desa Gundaling seperti : Kelompok tani, Karang Taruna, PKK, Kelompok arisan serta kelompok-kelompok lainnya yang sekiranya miliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa.
    *Mengoptimalkan kegiatan pemuda yang berlandaskan kegiatan positif di bidang keagamaan, seni maupun keolahragaan, agar terhindar dari pergaulan bebas, kenakalan remaja dan narkotika.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gundaling akan mewujudkan antara lain * Peningkatan pengelolaan jalan desa, jalan dusun, jalan perladangan dan peningkatan sarana air bersih ;
    * Mengupayakan pembangunan sarana pendidikan dan PAUD Desa Gundaling, dan melaksanakan pembangunan aliran listrik ke dusun-dusun yang belum tersentuh aliran listrik PLN. Sehingga, seluruh warga dapat menikmati penerangan listrik PLN ;
  6. Guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Desa Gundaling akan diupayakan mendorong masyarakat untuk hidup sehat dengan melakukan pendampingan kader POSYANDU, Balita, dan Lansia. Agar tercapai masyarakat yang bertubuh sehat jasmani dan rohani.

Niat ingin merubah wajah desanya sangat kuat terpancar dari wajah Parisma Manik saat berbincang bincang dengan LENSANUSANTARA. Dia merasa bersemangat dengan itambah dengan dorongan dari keluarga dan masyarakat. Semoga terpilih dan mendapat amanah dari masyarakat Desa Gundaling.(Mula)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan