free stats

Banjir Rendam 13 Kecamatan di Aceh Timur 3,519 Jiwa Diungsikan

Aceh Timur, LENSANUSANTARA.CO.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur membeberkan berdasarkan hasil laporan Berkala Bencana Banjir, sudah 13 Kecamatan di Aceh Timur yang terdampak banjir berat.

Diketahui, banjir mulai mengepung sejumlah wilayah Aceh Timur sejak Kamis malam 24 Februari kemarin, hingga Sabtu 27 Februari 2022. Dari 13 Kecamatan di kepung Banjir, terhitung 3,519 Ribu Jiwa yang harus mengungsi.

BACA JUGA :  SPBU Ciseeng Hangus Dilalap Si Jago Merah

Adapun 13 Kecamatan yang dikepung Banjir yaitu, Kecamatan Indra Makmur, Julok, Darul Aman, Ranto Peurelak, Nurussalam, Peurelak Timur, Banda Alam, Peudawa, Sungai Raya, Madat, Idi Timur, Peunaron, dan Idi Tunong.

“Dari ke 13 Kecamatan Itu, diperkirakan ada 3,519 yang mengungsi dari 1,036 Kepala Keluarga (KK),” kata BPBD Aceh Timur Ashadi,Minggu (27/02/2022).

BACA JUGA :  Ular Pyton Sepanjang 3 Meter Berhasil Diamankan Warga Pangkalpinang

Ashadi juga mengatakan, jika hujan terus menerus mengguyur wilayah Aceh Timur. Maka Debit Air Sungai terus naik dan Sementara ini air diperkirakan naik ke pemukiman rata-rata paling tinggi 2 meter.

“Seperti di Wilayah Kecamatan Ranto Peureulak, air terus meluap karena debit air sungai yang naik kepermukaan,” ujar Ashadi.

BACA JUGA :  Pondok Pesantren di Sampang Tertimpa Pohon Berukuran Besar, Begini Kronologinya

Ahsadi melanjutkan warga yang terdampak banjir maupun belum diharapkan supaya tetap waspada dan Saat ini anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur sedang memencar ke pedalaman Aceh Timur untuk melakukan evakuasi dan siaga di lokasi.

“Warga jangan panik, tetap jaga keselamatan dan tetap waspada,” tukas Ashadi. (wls)