free stats

Sofian Majo Sati Dilantik Jadi Ketua Umum DPD Papdesi Provinsi Riau

Pekanbaru, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Aparatur Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Riau dilantik. Pelantikan dilangsung di Pekanbaru, Selasa (29/3/2022) malam.

Ketua Umum Papdesi Riau, Datuk Sofian Majo Sati bersama jajaran pengurus dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Papdesi, Wargiyati.

Acara pelantikan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Riau, Perwakilan Polda Riau dan dihadiri staf ahli Gubri Bidang Hukum dan HAM, Yurnalis.

Sofian Majo Sati dalam pidatonya mengapresiasi kepedulian Gubernur Riau Syamsuar pada desa. Sebab, ia menyebut sejak 2019, Syamsuar telah mengucurkan dana Bantuan Keuangan (Bankeu) sebesar 200 juta secara merata untuk semua desa.

Ia juga menyebut di tahun ini akan ada Bantuan Keuangan dari Gubernur untuk masing-masing desa di Riau yang besaran dananya akan dibagi secara proporsional.

BACA JUGA :  DPRD Seluma Gelar Rapat Paripurna Bahas Tiga Reparda

Sofian juga mengungkapkan, target prioritas dia setelah dilantik jadi Ketua Umum Papdesi Riau, yaitu akan menginventarisir potensi setiap desa di Riau.

“Setelah potensi masing-masing desa kita inventarisir, akan kita disampaikan ke dinas teknis terkait, agar dibuatkan programnya,” beber Sofian.

Kemudian dia menegaskan, Papdesi adalah perkumpulan aparatur desa yang aktif. Untuk itu, Kepala Desa Pulau Gadang ini meminta semua pengurus DPD Papdesi Riau tidak pasif di organisasi ini.

Sofian juga berencana akan membuat gebrakan yaitu dengan mengelar Festival Dana Desa yang kemungkinan akan ia selenggarakan di akhir tahun ini. Gebrakan ini sebut dia telah sukses dilakukan di Semarang, Jawa Tengah.

“Kita akan buat Festival Dana Desa di Riau mencontoh dari Semarang,” ungkap Sofian Majo Sati.

Dikatakannya, organisasi yang kini ia pimpin bukan organisasi untuk sekedar kongkow-kongkow. Akan tetapi Papdesi adalah organisasi sebagai wadah untuk mencurahkan energi dan pikiran guna membangun desa-desa di Riau agar lebih maju dan sejahtera.

BACA JUGA :  Gubernur Jawa Timur Fasilitasi Para Awak Media yang Bertugas di Grahadi untuk Rapid Test Covid-19 dan Vaksin Influenza

Ketua Umum DPP Papdesi Wargiyati dalam arahannya mengapresiasi pengurus provinsi yang mampu menghadirkan aparatur desa se-Riau malam itu.

“Saya mengapreasiasi sebab ketua bisa menghadirkan pengurus dari desa-desa se-Provinsi Riau malam ini. Ini sangat luar biasa,” puji Wargiyati.

Wargiyati berpesan kepada seluruh komponen Papdesi untuk tidak ragu mendukung kepala daerah yang peduli pada kemajuan desa.

“Kepala daerah, bupati yang cinta pada desa, pada masyarakat desa wajib kita dukung,” ujarnya.

Sekdaprov, SF Hariyanto mengatakan Papdesi harus menjadi pelopor dalam mewujudkan pelayanan berkualitas yang cepat bagi masyarakat di pedesaan

“Papdesi harus membantu pemerintah membawa kemajuan dimulai dari desa,” ajak Hariyanto.

BACA JUGA :  DPRD Nisel Gelar Paripurna Perubahan Jadwal Kegiatan DPRD

Dia juga menegaskan komitmen seorang Syamsuar pada kemajuan desa. Lanjut dia, Gubernur sangat peduli dengan desa. Bukti Syamsuar peduli adalah dianggarkannya Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang nominalnya mulai dari 110 juta sampai 216 juta per desa tahun ini. Dan Bantuan Keuangan serupa ini sudah digulirkan sejak 2019 lalu oleh Gubernur Syamsuar.

Dia meminta desa penerima, agar merealisasikan program BKK tersebut tepat waktu, akuntable dengan tatakelola keuangan negara yang baik serta transparan.

Selain itu, dia juga menyebut bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) harus menjadi pendorong bangkitnya ekonomi desa. BUMDesa kata dia harus mampu menjadi unit-unit usaha sumber pemenuhan kebutuhan skala desa.

“Gubernur Syamsuar sangat konsen pada desa berbagai program dan anggaran akan terus dikucurkan ke desa,” tutur dia.(Dsl)