free stats

Inspektur Bantaeng Sampaikan Kultum Dihari Kedua Bulan Ramadhan 1443 H

Bantaeng, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sejak hari pertama sampai hari kedua Ramadhan 1443 Hijriah, Inspektur Daerah Bantaeng telah membentuk dan menunjuk petugas-petugas untuk mengisi kegiatan ramadhan, salah satunya adalah mengadakan kuliah tujuh menit (Kultum) setelah shalat dhuhur. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari di bulan ramadhan kecuali hari jumat dan hari-hari libur (sabtu-minggu).

Sebagai mana terlampir pada jadwal yang telah disusun, Adzan pun dikumandangkan oleh Saharuddin,SE.M.M, sholat dhuhur berjamaah di-imami langsung oleh Inspektur Daerah Bantaeng.

Setelah sholat dhuhur berjamaah dilanjutkan dengan Kultum dilaksanakan di Mushalla An-Nur Inspektorat Daerah Bantaeng dimana musholla ini baru baru diresmikan Minggu lalu.

Kultum di hari pertama disampaikan langsung oleh Inspektur Daerah Bantaeng,Dr. Muh. Rivai Nur, SH.,M.Si, .Dalam penyampaian materi kultumnya berjudul ” Dengan Puasa Kita Akan Menjaga Kehormatan Diri Dihadapan Tuhan yang maha esa”.

“Jadi dengan berpuasa kita akan menjaga kehormatan kita kepada Tuhan yang maha esa.

“Sebagai mana dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 183-184 yang artinya Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu bertakwa”

“Orang yang beriman akan patuh melaksanakan perintah berpuasa dengan sepenuh hari, Karena ia merasa kebutuhan jasmani dan rohani adalah dua unsur pokok bagi kehidupan manusia yang harus dikembangkan dengan bermacam- macam latihan, agar dapat dimanfaatkan untuk ketentraman hidup yang bahagia di dunia dan akhirat”

Pada kesempatan ini,Inspektur juga membahas beberapa keistimewaan bulan Ramadhan dimana Keistimewaan bulan ramadhan momen turunnya kitab suci Al-Qur’an. Peristiwa ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan ramadhan. Keistimewaan bulan ramadhan lainnya adalah dibukanya pintu-pintu surga dan di tutup nya pintu neraka serta diikatnya setan-setan.(Fahmi)