free stats

Bakesbangpol Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pembinaan Ormas, Sinergitas Dukung Pembangunan

Bojonegoro, LENSANUSANTARA.CO.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bojonegoro menggelar sosialisasi pembinaan pemberdayaan bagi organisasi kemasyarakatan, Rabu (7/9/2022). Acara digelar di Ruang Pertemuan Hotel & Griya MCM, Jalan Pemuda Bojonegoro.

Acara bertema menjalin sinergisitas peran ormas dengan pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan Bojonegoro yang berkelanjutan. Karena, ormas berada pada posisi strategis untuk menciptakan situasi yang kondusif.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah secara daring mengatakan, ormas menjadi salah satu wadah aspirasi warga melalui focus group disscusion (FGD). Selain itu, di kesempatan ini, Bupati menyampaikan keputusan pemerintah pusat mengenai kenaikan BBM.

Sehingga berdasarkan hal ini, pemerintah daerah menyampaikan arahan dan putusan berbagai pihak bahwa pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai.

“Mari kita menyikapi adanya kenaikan ini secara arif. Dengan adanya peningkatan BBM diharapkan ada peningkatan produktifitas. Seperti baru-baru ini hasil pameran pertanian sangat mencengangkan, karena produk sangat baik dan ada kenaikan mutu. Sehingga ketahanan pangan meningkat,” jelas Bupati.

BACA JUGA :  Tingkatkan Sarana Prasarana Ibadah, Bupati Bojonegoro Serahkan Bantuan Bagi 235 Musholla

Bupati Anna juga mengapresiasi kerjasama ormas dan masyarakat dalam pembangunan sangat tepat. Terlebih, dalam kurun waktu empat tahun, Bupati mengatakan, Bojonegoro dalam situasi kondusif. Sehingga pemda dapat menyelesaikan pelayanan dengan sangat baik.

Masukan ormas, lanjut Bupati sangat diharapkan. Bupati berharap, FGD ini mendapatkan hasil dan manfaat yang bagus. Serta dapat memberikan berbagai referensi di berbagai bidang. Di antaranya kebudayaan, pariwisata, kesehatan, pembangunan, keagamaan dan bidang lainnya. Sehingga, pemerintah dapat membuat kebijakan ke arah yang lebih baik lagi.

BACA JUGA :  Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Dana Hibah Masjid dan Musholla

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur diwakilkan oleh Plt Kabid Hubungan Antar Lembaga dan Kabid Integrasi Bangsa Bakesbangpol Jawa Timur Johan Fitriadi menuturkan, untuk menyamakan persepsi terhadap fungsi ormas. Yakni untuk mengoptimalkan peran bersama stakeholder dalam menyejahterakan masyarakat.

“Peran penting ormas untuk turut serta berperan menciptakan dan menjaga situasi kondusif,” tuturnya. Pihaknya berharap, ormas memiliki mindset dari segi kebermanfaat kepada masyarakat.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro Mahmudi menjelaskan, kegiatan berdasarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan. Ormas yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan kegiatan.

“Berdasarkan data per Agustus 2022, ada 302 organisasi yang terdaftar di Bakesbangpol. Hadir hari ini 114 orang,” ujar Mahmudi.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Mahmudi untuk mendorong ormas agar dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Selain itu untuk meningkatkan partisipasi dalam memelihara, menjaga, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA :  Forkopimda Jatim Cek Langsung Serbuan Vaksinasi Berbasis Pekerja di Sidoarjo

“Juga untuk pengembangan pemberdayaan dalam membangun kapasitas ormas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, KBO Sat Intelkam Polres Bojonegoro Ipda Warsito yang menjadi narasumber menjelaskan, selain ormas, perguruan silat juga menjadi atensi. Sebab, silat sebagai warisan budaya yang perlu dipertahankan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf I Putu Gede Widarta menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan untuk disalurkan kepada generasi milenial. “Ada tiga pemersatu bangsa, yakni Pancasila, Sumpah Pemuda, dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Hadir LSM, ormas, perwakilan perguruan tinggi, dan tokoh perempuan. (Muji)