Berita

Pramuka Kwartir Ranting Kotaanyar Probolinggo Gelar Kursus KMD Golongan Penggalang

×

Pramuka Kwartir Ranting Kotaanyar Probolinggo Gelar Kursus KMD Golongan Penggalang

Sebarkan artikel ini
Ketua Kwarcab Probolinggo saat foto bareng, Minggu 6/11/2022 (Foto : Rustam / Lensa Nusantara )

Probolinggo,  LENSANUSANTARA.CO.ID – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kotaanyar melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di SDN Kotaanyar 1 Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari mulai Selasa (1/11) s/d Minggu (6/11) diikuti sebanyak 33 pembina pramuka.

Kegiatan KMD dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Probolinggo. Wakabinawasa H. Hasin, SH.,M.Si. Menurutnya KMD merupakan langkah awal untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill dasar kepada para anggota dewasa yang akan melaksanakan proses pembinaan Pramuka yang ada di Gugus Depan.

Example 300x600

“Setelah mengikuti kegiatan ini Kakak kakak akan terjun langsung dalam pendidikan dan pelatihan pramuka kepada peserta didik, sehingga apa yang didapat dari pelatihan ini agar dipraktekkan dalam pendidikan dan pelatihan pramuka,” katanya.

6 November 2022, Ketua Kwarran Kotaanyar Sahriyanto menutup kegiatan mengatakan bahwa Kegiatan KMD ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar para pembina yang memahami betul tentang pelaksanaan kegiatan kepramukaan sehingga ke depan diharapkan kegiatan Pramuka di Kwarran Kotaanyar tidak hanya menarik, akan tetapi juga kreatif dan inovatif dalam membentuk karakter peserta didik.

“Setelah mengikuti kegiatan ini para Guru ini akan menjadi Pembina Pramuka di Gugusdepan, dengan predikat Pembina Pramuka Mahir diharapkan dapat mengemban sistem nilai Gerakan Pramuka serta dapat menerapkan dan mengembangkan materi kecakapan atau keterampilan dasar yang diterima,” kata, Sahriyanto

Kak Sahriyanto menambahkan dari ke 33 peserta sebagian besar Pembina putri, sebanyak 22 sedangkan Pembina putra hanya 11 orang.

“Mereka berasal dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se Kwarran Kotaanyar,” tambahnya.

Salah seorang pelatih dan juga pimpinan kursus yaitu Kak Rustam Supriyanto, S.Pd. mengatakan sebelum pelaksanaan pelatihan Tim Pelatih terlebih dahulu mengkondisikan para peserta kursus agar siap mengikuti pembelajaran, dengan cara memberikan informasi-informasi yang sangat diperlukan bagi seseorang Pembina Pramuka dalam mengemban tugas-tugasnya dalam Pendidikan Kepramukaan.

“Karena sebagian besar adalah calon Pembina penggalang maka materi dipersiapkan untuk pembina penggalang,” jelasnya.

Kapusdiklatcab Probolinggo yaitu Kak HM. Mohtar Effendy, S. Sos. Mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia karena kegiatan KMD berjalan dengan lancar dan sukses. (RstM).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.