Berita

Operasi PETI Singgalang 2023, Polres Pasaman Barat Melakukan Penertiban dan Penegakan Hukum di Kecamatan Ranah Batahan

×

Operasi PETI Singgalang 2023, Polres Pasaman Barat Melakukan Penertiban dan Penegakan Hukum di Kecamatan Ranah Batahan

Sebarkan artikel ini
Kapolres Pasaman Barat
AKBP Agung Basuki, Kapolres Pasaman Barat memimpin Operasi PETI Singgalang 2023 di Kecamatan Ranah Batahan, Rabu (24/05). (Dok : HumasResPasbar/Ghani)

Pasaman Barat, LENSANUSANTARA.CO.ID – AKBP Agung Basuki Kapolres Pasaman Barat memimpin secara langsung Operasi PETI Singgalang 2023 untuk penertiban dan penegakan hukum di wilayah hukum Polres Pasaman Barat, Rabu (24/05/2023).

Operasi ini didampingi Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Sumatera Barat, Kompol Jendrival, Kanit II Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumbar AKP Hendra Yose, Kanit I Subdit II Ditreskrimsus Polda Sumbar AKP Dondrinaldi, Kapolsek Ranah Batahan AKP Muswar Hamidi, Panit II Subdit IV Ditreskrimsus Polda Sumbar Iptu Riza Januardi, Kanit IV Sat Intelkam Polres Pasaman Barat Aipda Novialdi beserta 25 Personel gabungan.

Example 300x600

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki mengatakan, Operasi PETI Singgalang 2023 merupakan sebagai bentuk tindakan tegas terhadap para pelaku serta penyandang dana terkait aktifitas penambangan emas ilegal di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.

BACA JUGA :  Akibat Curah Hujan Tinggi Disertai Angin Kencang, Sebuah Rumah Milik Warga Desa Samatan Pamekasan Ambruk

“Kegiatan ini sebagai bentuk tindakan tegas, dan tindak lanjut dari laporan dari masyarakat terhadap maraknya aktifitas penambangan emas ilegal di Kabupaten Pasaman Barat,” ujar Kapolres.

AKBP Agung Basuki menerangkan, adapun lokasi atau tempat penertiban dan penegakan hukum aktifitas PETI yang berada di aliran sungai Batang Taming, Jorong Kampung Baru, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan yang dipimpin oleh Kasubdit Provost Bidang Propam Polda Sumatera Barat Kompol Alvira.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK Tapsel Salurkan Bantuan Sosial ke Warga Sipirok dan Marancar

“Tepat pada pukul 11.30 wib, tim gabungan sampai di Mako Polsek Ranah Batahan dan pihaknya langsung melaksanakan rapat koordinasi, dan sekitar pukul 12.15 wib, tim langsung melaksanakan kegiatan penertiban dan penegakan hukum PETI berangkat menuju lokasi,” terangnya.

Agung Basuki kembali menjelaskan, dari hasil operasi penertiban di lokasi, tidak ada ditemukan aktifitas masyarakat yang melakukan penambangan emas ilegal dengan menggunakan alat berat atau excavator, mesin dompeng maupun dulang secara tradisional. Selain itu, pada saat tim berada di lapangan tidak ada menemukan pelaku yang melakukan kegiatan penambangan emas ilegal.

“Dari hasil pengamatan di lokasi, petugas hanya menemukan lobang bekas galian yang telah ditinggalkan oleh para pelaku tambang emas ilegal,” jelasnya.

BACA JUGA :  Polisi Ringkus Seorang Laki-laki Diduga Melakukan Pemerasan Serta Kekerasan Terhadap Sopir Truk Jalan Lintas Sumut Way Kanan

Lebih lanjut dikatakan, dalam kegiatan penertiban dan penegakan hukum berdasarkan Surat Perintah Nomor: Sprint/307/V OPS.1.3/2023 tentang Operasi PETI Singgalang 2023.

“Pihaknya akan tetap melakukan penindakan tegas terhadap oknum-oknum yang melakukan penambangan emas ilegal, dan juga kita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas PETI. Selain itu, jika ada masyarakat yang menemukan adanya aktifitas PETI untuk dapat segera melaporkan kepada pihak Kepolisian,” tegasnya. (HumasResPasbar/Ghani)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.