Pendidikan

Tanoto Foundation Dorong Pemko Dumai Buat Regulasi Mengembangkan Budaya Literasi

×

Tanoto Foundation Dorong Pemko Dumai Buat Regulasi Mengembangkan Budaya Literasi

Sebarkan artikel ini
Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau
Dendi Satria Buana Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau saat memaparkan sosialisasi Dukungan Teknis Penyusunan Regulasi Untuk Mengembangkan Budaya Literasi Di Kota Dumai.

Dumai, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai bersama Tanoto Foundation menggelar rapat Sosialisasi Dukungan Teknis Penyusunan Regulasi Untuk Mengembangkan Budaya Literasi di Kota Dumai.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat Disdikbud Kota Dumai dibuka secara resmi oleh Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretariat Daerah Kota Dumai (Setdako), H. Yusrizal, S.Sos, M.Si, Senin (14/8/2023).

Example 300x600

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Disdikbud Dumai, Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si dan jajaran, Kadispersip Kota Dumai, R. Dona Fitri Ilahi, SKM, M.Si, Kepala Badan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai yang diwakili Haryati, SE, MAP, Ak, CA selaku Sekretaris BPKAD Kota Dumai, utusan Bappedalitbang Dumai, utusan Bagian Hukum Setdako Dumai dan Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau, Dendi Satria Buana.

BACA JUGA :  Kapolres Dumai Pimpinan Patroli Skala Besar

Dendi Satria Buana dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini dilatarbelakangi dari hasil tindak lanjut Rekomendasi Studi SDGs 2022, salah satunya perencanaan program untuk meningkatkan literasi dan numerasi berdasarkan Rapor Pendidikan, serta Perumusan kebijakan untuk mendukung berkembangnya budaya literasi terpadu di Kota Dumai.

Dendi menambahkan, diharapkan dengan kegiatan ini diperoleh penyusunan draf peraturan wali kota terkait pengembangan budaya literasi. Ia berharap, seluruh pihak yang hadir dapat memberikan sudut pandang yang luas dan masukan yang lebih baik untuk perbaikan ekosistem literasi di Dumai.

“Agar program tersebut berjalan, perlu dukungan dalam perumusan kebijakan publik (regulasi) yang berfungsi sebagai landasan, untuk menjaga keberlanjutan dan pendorong terus berkembangnya budaya literasi terpadu di Kota Dumai baik literasi di masyarakat maupun literasi di sekolah,” jelasnya.

BACA JUGA :  PT KPI RU Dumai Lakukan Penanaman 1.000 Pohon, Hasil Antusias Masyarakat Sedekah Jelantah

Asisten I Setdako, H. Yusrizal, S.Sos, M.Si membuka secara resmi rapat sosialisiasi, dalam sambutanya menyambut baik dengan diadakannya rapat Sosialisasi Dukungan Teknis Penyusunan Regulasi Untuk Mengembangkan Budaya Literasi di Kota Dumai, dalam sambutannya mengatakan bahwa literasi di era digital adalah elemen penting menuju kesejahteraan.

Menurutnya, keterampilan literasi yang baik akan membantu dalam memahami informasi baik lisan maupun tulisan, mendukung kompetensi-kompetensi yang saling terkait dan sangat diperlukan dalam persaingan global.

“Guna mendukung itu, Pemerintah Kota Dumai bergerak cepat dalam meningkatkan minat literasi masyarakat. Banyak program yang dibuat, salah satunya pemko telah meluncurkan Gerakan Dumai Gemar Membaca,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kejari Dumai Dukung Aksi Warga Tutup Gudang Mafia Minyak Ilegal

Ia berharapan, indeks literasi di Dumai Kota Idaman dapat meningkat. Maka dari itu, agar upaya yang dilakukan memiliki payung hukum yang kuat, pertemuan ini akan membahas tentang pembuatan produk hukum terkait literasi pada sekolah di Kota Dumai

“Dengan adanya peraturan daerah (perda) maupun perwako (peraturan wali kota) nantinya, OPD terkait akan mudah bergerak membuat program dan kegiatan yang menunjang tingkat indeks literasi kita,” jelasnya.**

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.