Berita

Senam Sehat Bersama IBI Kabupaten Kampar, Pj Ketua TP PKK: Bidan Ujung Tombak Kesehatan Ibu dan Anak

×

Senam Sehat Bersama IBI Kabupaten Kampar, Pj Ketua TP PKK: Bidan Ujung Tombak Kesehatan Ibu dan Anak

Sebarkan artikel ini
Ketua IBI Kabupaten Kampar
Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 dan HUT IBI ke-72 mengadakan senam sehat di halaman Puskesmas Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar.

Kampar, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bertempat di halaman Puskesmas Bangkinang Kota Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, M.M ikuti Senam Sehat bersama yang diadakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kampar yang diketuai oleh Satiti Rahayu, SKm, M.Kes yang juga merupakan Kepala Bidang Perlindungan Anak pada Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 dan HUT IBI ke-72 Tahun 2023, Minggu (27/8).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Bidan dari Kecamatan se-Kabupaten Kampar dan tampak juga dihadiri oleh Ambar Rustantini, S.H selaku mewakili Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kampar beserta beberapa pengurus lainnya, diketahui IBI juga merupakan salah satu organisasi yang ikut bernaung di dalam GOW Kabupaten Kampar. Dan kegiatan ini juga telah disponsori oleh RS Sansani Pekanbaru.

BACA JUGA :
Buku "Nikah Satu Malam" Karya Shaifuddin Fuady, Ditangan Kakanwil Kemenag Aceh

Dalam sambutannya setelah mengikuti giat senam sehat, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar memberikan apresiasi kepada IBI Kabupaten Kampar yang ditengah-tengah kesibukan rutinitas melayani masyarakat, masih mampu melaksanakan kegiatan ini.

“Bidan merupakan ujung tombak bagi kesehatan ibu dan anak, terlebih saat ini Pemerinrah tengah menggalakan Program Penurunan Stunting. Bidan memiliki peran serta fungsi sebagai pelaksana, pengelola, pendidik, dan peneliti kesehatan pada masyarakat. Dalam hal ini, bidan mempunyai pandangan nilai tersendiri dalam menjalankan tugasnya,” dikatakan Yusi.

BACA JUGA :
Dua Anggota DPRD Kampar Dapil Kampar II Hadir Pada Musrenbang Kecamatan Tapung Hilir

Ditambahkan Yusi, tugas Bidan meliputi empat aspek yaitu hamil, bersalin, dan masa nifas adalah peristiwa alamiah dan fisiologis (normal). Selanjutnya, kelanjutan perawatan atau continuity of care juga perlu diberikan untuk menjamin kesehatan ibu dan bayi dengan baik.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai petugas kesehatan, bidan mengemban tugas mulia untuk membantu masyarakat umum mendapatkan kesehatan yang baik dan layak, terutama bagi ibu dan anak.

Disisi lain Ketua IBI Kabupaten Kampar ikut menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat jalinan silaturrahmi antar sesama Bidan se Kabupaten Kampar dan juga refreshing sejenak dari rutinitas.

BACA JUGA :
Anggota Koramil 0820/08 Sukapura, Pantau Langsung Pembagian BLT - DD Tahap ll Desa Sapikerep

Dengan bertambahnya usia IBI di harapkan organisasi Bidan semakin solid dan kompeten dalm mengayomi dan membina seluruh bidan-bidan yang ada di Indonesia terutama di Wilayah Kerja Kabupaten Kampar.

Pada kegiatan ini juga melaksanaan pemeriksaan gratis seperti pemeriksaan kolesterol, gula darah dan lainnya. Dan dalam kegiatan ini juga IBI Kabupaten Kampar yang bekerjasama dengan RS Sansani tampak bagi-bagi souvenir berupa vitamin-vitamin untuk imunitas anak kepada peserta kegiatan. Kemudian kegiatan ini juga diramaikan dengan permainan. (Das)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.