Politik

Pj Bupati Madiun: Pengawas TPS Instrumen Penting Menentukan Kualitas Pemungutan dan Penghitungan Suara

×

Pj Bupati Madiun: Pengawas TPS Instrumen Penting Menentukan Kualitas Pemungutan dan Penghitungan Suara

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Madiun
Pj Bupati Madiun foto bersama usai pelantikan dan pengambilan sumpah Pengawas TPS Kecamatan Saradan.

Madiun, LENSANUSANTARA.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun Jawa Timur resmi merilis data peserta sebanyak 2.253 di 206 Desa wilayah Kabupaten Madiun yang lolos seleksi rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024.

Diketahui alur rekrutmen Pengawas TPS dimulai dari proses pendaftaran yang dibuka sejak tanggal 2 sampai 6 Januari 2024, kemudian diperpanjang mulai tanggal 7 sampai 8 Januari 2024 dan perpanjangan masa pendaftaran kembali dilakukan tanggal 15 sampai 19 Januari 2024.

Example 300x600

Para peserta yang lolos dilantik dan dilakukan pengambilan sumpah seluruh PTPS se-Kabupaten Madiun dilaksanakan hari ini per kecamatan. Sedangkan Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto melaksanakan monitoring dan evaluasi di Kecamatan Saradan.

Dalam giat Monev tersebut, sebanyak 221 PTPS se-Kecamatan Saradan mengikuti pelantikan pengambilan sumpah janji dan pembekalan pengawas TPS untuk pemilu serentak tahun 2024. Acara tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan Icha Orient Tarsan, Kecamatan Saradan. Senin (22/01/2024).

Dalam sambutannya, Tontro menyampaikan pentingnya peran serta integritas dan dedikasi pengawas TPS untuk kelancaran dan kualitas pemilihan umum.

Menurutnya, keberadaan pengawas TPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan perhitungan suara. Ia juga menyampaikan PTPS haruslah sosok pribadi yang aktif dan progesif, mengerti tugas dan wewenangnya.

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada pengawas TPS yang baru saja dilantik, semoga proses pengawasan pemilihan umum serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama, demi menyukseskan pemilihan umum yang demokratis bermartabat dan berkualitas tentu saja hal ini dapat terwujud apabila dilakukan oleh pengawas pemilih yang berintegritas,” ujar Tontro.

Pj Bupati berharap agar mereka (PTPS) menjalankan tugas dengan baik, menjaga integritas dan marwah lembaga demi terciptanya pemilihan umum yang berkualitas dan dapat dipercaya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji PTPS se-Kecamatan Saradan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Madiun dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah. (Dewi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.