Pendidikan

Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Andalas Tahun 2024

×

Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Andalas Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Rektor Unand
Rektor Unand Efa Yonnedi menjelas Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unand Tahun 2024. (Foto : Nofri/Lensa Nusantara).

Padang, LENSANUSANTARA.CO.IDUniversitas Andalas sebagai salah satu kampus terfavorit di Sumatera Barat kembali membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun 2024.

Rektor Unand Efa Yonnedi menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru bisa mendaftar melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Jalur Mandiri.

Example 300x600

“SNBP ini berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan biaya ditanggung oleh pemerintah dengan kuota minimum 20 persen,” ujarnya, Kamis (1/2/24).

Sedangkan, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain ditetapkan bersama oleh PTN. Pelaksanaan tes menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah dengan kuota minimum 40%.

Jalur mandiri dapat menggunakan nilai UTBK dengan kuota maksimum 30%.

Penerimaan mahasiswa baru ini mengedepankan asas akuntabilitas, yaitu semua proses ini harus dipertanggungjawabkan dengan semestinya, kedua asas transparansi dan asas berkeadilan.

“Unand juga berkomitmen melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur-jalur afirmasi,” tutup Rektor Unand. (Nofri)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.