Bisnis

PTPN 1 Regional IV Jember Tanam Perdana Tembakau, Harapkan Kualitas Tahun Ini Naik 32 Persen

×

PTPN 1 Regional IV Jember Tanam Perdana Tembakau, Harapkan Kualitas Tahun Ini Naik 32 Persen

Sebarkan artikel ini
SEVP Operation PTPN 1 Regional IV Jember
PTPN 1 Regional IV tanam perdana tembakau di kecamatan Ajun Kabupaten Jember, Rabu 15/5/2024. (Foto : Badri/Lensa Nusantara)

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – Perusahaan Perkebunan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 1 Regional IV memulai musim tanam perdana tembakau masa tanam tahun 2024 di kecamatan Ajun Kabupaten Jember, Rabu (15/5/2024).

SEVP Operation PTPN 1 Regional IV Jember Febri Ari Marpaung mengatakan, PTPN 1 Regional IV memiliki luas kebun tembakau mencapai 700 hektar, Jember ada 650 hektar dan di Klaten 50 hektar.

Example 300x600

“Tahun ini harapan kami untuk produksi hijau bisa diangka 17,5 ton per hektar, kemudian untuk kualitas diharapkan bisa naik di angka 32 persen,” kata Febri Ari Marpaung.

Ia berharap dari tahun sebelumnya bisa meningkat jauh lebih tinggi, dampak fenomena El Nino atau perubahan iklim La Nina, harus tetap melompat lebih tinggi 150 persen dari tahun lalu.

“Semua kita sudah mengantisipasi dengan perbaikan drainase lahan, optimalisasi rumah TPN, olah tanah, kemudian pengendalian hama penyakit sudah disiapkan,” ujarnya.

Masih kata Febri, tembakau saat ini menjadi nilai lebih, oleh karena itu, ia meminta petani di kebun tembakau untuk membuktikan terget bersama dan kualitas NW 32 persen harus tercapai.

“Supaya ending awal tanam sampai ending poinnya nanti bisa tercapai. Tentunya sudah menentukan target harus belajar dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Dri)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.