Daerah

Mahasiswa KKN 52 Jatirejo UIN Sunan Ampel Surabaya Gelar Workshop “Menciptakan Lingkungan Bersih untuk Generasi Sehat”

×

Mahasiswa KKN 52 Jatirejo UIN Sunan Ampel Surabaya Gelar Workshop “Menciptakan Lingkungan Bersih untuk Generasi Sehat”

Sebarkan artikel ini
DLH Pasuruan
Foto bersama setelah workshop dengan pemateri dan tim dari DLH Pasuruan

Pasuruan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Mahasiswa KKN 52 Jatirejo UIN Sunan Ampel Surabaya menunjukkan kepedulian mereka terhadap kesehatan lingkungan dengan mengadakan workshop bertajuk “Menciptakan Lingkungan Bersih untuk Generasi Sehat”. Acara ini berlangsung pada pukul 09.00 WIB hari Kamis, 11 Juli 2024, di Balai Desa Jatirejo, Lekok, Pasuruan, Jawa Timur.

Example 300x600

Workshop ini dihadiri oleh 25 mahasiswa KKN 52 Jatirejo, Sekretaris desa Jatirejo, Kepala Dusun Jatirejo,tim DLH dan para warga desa. Yeni Kirana dari Dinas Lingkungan Hidup Pasuruan hadir sebagai pemateri dalam acara ini dan Muhammad Nizar selaku Sekretaris desa membuka acara dengan sambutan.

“Menjaga Lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, tidak hanya mengandalkan perangkat desa,Bumdesma ataupun DLH. Tapi sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada adek-adek mahasiswa Uinsa karena sudah membantu desa Jatirejo untuk menggaungkan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan” kata Muhammad Nizar.

Workshop ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti penyampaian materi tentang kesehatan lingkungan, pemutaran video edukasi, dan diskusi tanya jawab.

Antusiasme warga desa terlihat jelas dalam mengikuti workshop ini. Mereka banyak mengajukan pertanyaan kepada Yeni Kirana Selaku pemateri dalam Workshop tentang berbagai hal terkait kesehatan lingkungan.

“Sampah yang mudah terurai cirinya sampah yang mudah lenyap. Nah kenapa kok kertas bisa di kategorikan sampah yang mudah terurai, sampah kertas berbahan dasar kayu, bukan dari semen ataupun campuran dari bahan plastik. Maka dari itu saya sampaikan sampah kertas itu dari batang kayu dan mudah terurai.”
Ujar Yeni Kirana dalam menyampaikan materinya.

Beliau juga menjelaskan bahwa lingkungan yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai penyakit. Beliau juga memberikan tips-tips praktis untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak membakar sampah sembarangan, dan membersihkan lingkungan secara rutin.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, diharapkan generasi mendatang dapat hidup dengan lebih baik.

Mahasiswa KKN 52 Jatirejo UIN Sunan Ampel Surabaya berusaha semaksimal mungkin untuk terus menggaungkan kepada masyarakat desa Jatirejo tentang pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.