Politik

Maju Pilkada Kuansing 2024, Sutoyo Ajak Masyarakat Bersatu

×

Maju Pilkada Kuansing 2024, Sutoyo Ajak Masyarakat Bersatu

Sebarkan artikel ini
Bakal Calon Wakil Bupati Kuansing
Balon Wakil Bupati Kuansing H. Sutoyo, bersilaturahmi dengan puluhan wartawan Kuansing, 5 Agustus 2024, di Telukkuantan.

Kuansing, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sutoyo S.H, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, yang juga merupakan Bakal Calon Wakil Bupati Kuansing pada Pilkada 2024 mendatang, Senin 5 Agustus 2024 siang melakukan silaturahmi dengan puluhan wartawan wilayah Kuansing.

Acara yang digelar di Pondok Ikan Asin di kawasan Sport Center Telukkuantan itu ikut hadir Sekretaris Golkar Kuansing, Masdar.

Example 300x600

Dalam dialog yang berlangsung dengan suasana santai itu, anggota DPRD Kuansing dua periode ini lebih banyak menceritakan perjalanan hidupnya. Mulai sejak dirinya dilahirkan di Blora, Jawa Tengah pada tahun 1980, ikut program transmigrasi ke negeri seribu jalur ini tahun 1990, hingga secara tidak sengaja terjun ke dunia politik.

Lanjutnya, awal tiba di daerah ini yang pada waktu itu masih menjadi bagian dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Sutoyo hanyalah seorang remaja biasa seperti remaja lainnya.

Beberapa lama kemudian Sutoyo remaja pun mulai aktif di kegiatan di lingkungannya. Seiring perjalanan waktu ia pun akhirnya dipercaya menjadi ketua pemuda di desanya yang merupakan daerah eks trans di Kecamatan Singingi.

“Kemudian saya menjadi koordinator desa sambil berkebun,” ujarnya.

Saat menjadi koordinator desa itulah yang ia ingat tahun 2009 secara tak sengaja ia bertemu sosok H. Sukarmis, Bupati Kuansing sekaligus Ketua Golkar Kuansing waktu itu. Sukarmis lah yang mengajak Sutoyo untuk ikut mencoba peruntungan sebagai Caleg DPRD Kuansing. Dari situ Sutoyo pun dimentori langsung H. Sukarmis.

“Saya tidak ada bercita-cita menjadi anggota dewan, karena saya tak paham politik, saya tidak kampanye seperti caleg-caleg lainnya. Bahkan saya menyemprot rumput di ladang beberapa hari saat pemilihan. Saat itu saya belum sarjana,” ujarnya.

Namun kala itu Sutoyo ternyata berhasil duduk sebagai anggota DPRD. Ia bahkan berhasil mempertahankan posisinya di DPRD Kuansing pada periode berikutnya.

“Cita-cita saya dulu sebenarnya adalah masuk Akabri. Tidak pernah bermimpi untuk menjadi anggota DPRD,” ucap anggota DPRD Kuansing dua periode itu.

Mungkin memang garis hidup ayah dua anak itu ditakdirkan untuk selalu berkecimpung di dunia politik, sehingga Tuhan memuluskan jalannya di dunia yang menurut banyak orang sebagai dunia yang penuh trik dan intrik itu.

Bahkan pada Pileg Februari lalu, alumnus Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru itu kembali berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kuansing Dapil Kuansing V yang meliputi Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir.

“Perolehan suara saya sebenarnya tidaklah banyak, hanya 786 suara, tapi Alhamdulillah duduk. Barangkali itulah takdir yang mengantarkan saya kembali terpilih menjadi anggota dewan,” ujar pria yang kini tengah mengikuti program magister ilmu hukum di Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru itu.

Jelang periode ketiganya di DPRD Kuansing, Sutoyo pun merasa terpanggil untuk maju di Pilkada Kuansing mendampingi Bakal Calon Bupati Dr Adam SH MH yang merupakan kolega separtainya sekaligus ketuanya di Golkar Kuansing.

Menurut Sutoyo, Adam yang merupakan putra Sukarmis itu sudah seperti saudara bagi dirinya. Sebagai anak eks transmigrasi, ia pun tidak pernah bermimpi akan menjadi Bakal Calon Wakil Bupati mendampingi Adam.

“Niat Saya tulus dan ikhlas untuk membangun Kuansing. Mari Kita bangun Kuansing dengan kebersamaan,” harapnya. (Suhendi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.