Bisnis

Gelar Grand Safety Talk, GM PT KPI Kilang Dumai Tegaskan Pelaksanaan Budaya HSSE

×

Gelar Grand Safety Talk, GM PT KPI Kilang Dumai Tegaskan Pelaksanaan Budaya HSSE

Sebarkan artikel ini
General Manager PT KPI Kilang Dumai
PT KPI Kilang Dumai menyalurkan santunan anak yatim pada acara Grand Safety Talk dalam rangka Plant Stop 2024, Senin (30/9).

Dumai, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangka memastikan keandalan kilang beroperasi dengan optimal dan semakin andal, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Kilang Dumai secara berkala melakukan upaya perawatan dan pemeliharaan terencana sesuai dengan waktu yang telah dirancang dengan menghentikan sementara beberapa unit di area kilang. Perawatan kali ini bertujuan untuk melakukan penggantian katalis (Changed Out Catalyst).

Mengawali kegiatan perawatan dan pemeliharaan kilang tersebut, PT KPI Kilang Dumai kembali menggelar Grand Safety Talk bagi seluruh pekerja dan mitra kerja yang terlibat dalam Plant Stop Changed Out Catalyst (COC). Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membangun ownership dan awareness bagi para pekerja, khususnya terhadap aspek budaya Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE).

Example 300x600

Selain itu, Grand Safety Talk ini juga difokuskan untuk menekankan pentingnya keselamatan bagi seluruh pekerja dan keandalan operasional kilang itu sendiri. Dimana hal tersebut sudah menjadi hal prioritas yang secara konsisten dijalankan oleh PT KPI Kilang Dumai. Hal itu kemudian disampaikan secara langsung oleh General Manager PT KPI Kilang Dumai, Iwan Kurniawan, dalam pelaksanaan Grand Safety Talk yang diselenggarakan di Lapangan Main Office Kilang Pertamina Dumai, Senin (30/9).

“Plant Stop ini merupakan kegiatan yang cukup panjang, diharapkan dapat berjalan sesuai dengan target. Namun yang pasti harus dikedepankan dalam pelaksanaanya adalah aspek-aspek keamanan dan keselamatan tetap diperhatikan, gunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai dan lakukan prosedur MCU (Medical Check Up) dan DCU (Daily Check Up) setiap hari,” tegasnya.

Menurutnya, penegasan terhadap aspek budaya HSSE tersebut bertujuan untuk mencapai Zero Accident, On Quality, On Schedule & On Budget. Selain itu, ia juga mengingatkan kepada Perwira (sebutan pekerja Pertamina) maupun pekerja kontraktor untuk melaksanakan komunikasi aktif serta mematuhi prinsip-prinsip 10 Corporate Life Saving Rules (CLSR) dan budaya HSSE Golden Rules yakni Patuh, Intervensi, dan Peduli (PIP) agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan pulang dengan selamat.

“Plant Stop ini melibatkan banyak pihak untuk pelaksanaannya, sehingga seluruh pihak yang terlibat harus fokus dan mementingkan aspek HSSE, baik bagi diri sendiri maupun rekan kerja,” Iwan Kurniawan.

Pada kesempatan yang sama, Iwan Kurniawan juga mengingatkan terhadap pelaksanaan komitmen zero plastic pada seluruh Pekerja. Hal itu merupakan wujud komitmen PT KPI Kilang Dumai dalam menjalankan praktik bisnis yang berbasis lingkungan yang sejalan dengan prinsip-prinsip Environtmental, Social dan Governance (ESG).

Dibukannya Grand Safety Talk ini secara resmi ditandai dengan penyerahan bendera safety dari GM PT KPI Kilang Dumai kepada perwakilan pekerja sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mengedepankan budaya HSSE dalam setiap pekerjaan. Serta dilakukan penandatanganan komitmen HSSE dan pembacaan pesan keselamatan dari perwakilan anak-anak pekerja PT KPI Kilang Dumai. Hal itu terus digiatkan agar para pekerja dapat patuh bekerja secara aman, karena ada keluarga yang menantinya dirumah.

Sementara itu, Agustiawan selaku Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Kilang Dumai menyebutkan bahwa pelaksanaan Plant Stop COC kali ini ditargetkan hingga Oktober 2024 dan berlangsung di 2 area unit kerja.

“Plant Stop kali ini akan menyasar area Hydro Cracker Complex (HCC) yaitu pada unit Unibon dan unit H2Plan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agustiawan menyampaikan bahwa pada agenda Plant Stop COC ini, PT KPI Kilang Dumai berhasil menyerap lebih dari 1.000 tenaga kerja.

“Untuk pelaksanaan Plant Stop kali ini, kami melibatkan kurang lebih 1.885 pekerja dengan jumlah perusahaan kontraktor sebanyak 24 perusahaan lokal dan non lokal,” jelasnya.

Melalui kegiatan Grand Safety pula, para pekerja juga dibekali dengan edukasi medis berupa penyelamatan pertama pada kondisi darurat melalui penyuluhan first aider yang diberikan langsung oleh dokter dari PT KPI Kilang Dumai. Selain itu, untuk mengharapkan kelancaran pelaksanaan Plant Stop dan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, PT KPI Kilang Dumai juga menyalurkan santunan kepada anak yatim panti asuhan Al-Furqon dan Hidayatullah.**

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.