Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID –
Launching Layanan Help Desk serta Pengarahan Pegawai Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Serayu Kabupaten Banjarnegara, Bupati Amalia Desiana menekankan untuk mengoptimalkan pelayanan prima kepada kepada para pelanggan, termasuk kualitas air, penyambungan, dan perbaikan jika terjadi masalah.
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sasana Adi Praja, Amalia menaruh harapan kepada PERUMDAM Tirta Serayu Banjarnegara agar mampu meningkatkan pelayanan.
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan kepada jajaran PERUMDAM, bahwa aduan dari masyarakat banyak yang negatif tentang pelayanannya.
“Saya merima pengaduan dari masyarakat, dari 10 aduan yang masuk, 8 diantaranya aduan negatif dengan cerita masing-masing, saya ingin setelah ini ada peningkatan kualitas pelayanan,” tegas Amalia, Kamis, (31/7/2025).
Meskipun Bupati menilai dibawah kepemimpinan direktur PERUMDAM Serayu saat ini sudah menunjukan perubahan kearah yang lebih baik, namun dirinya juga berpesan agar semua jajaran turut membantu dalam peningkatan kualitas.
“Jika PERUMDAM Serayu ini sehat, juga akan dirasakan oleh para karyawan, namun jika PDAM sakit atau merugi otomatis banyak hal yang harus dilakukan salah satunya adalah efisiensi tenaga kerja, dan itu tidak ingin terjadi di masa kepemimpinan saya,” kata Bupati.
Sementara menurut Direktur PDAM Bahar Ibnu Fajar mengatakan, bahwa pelayanan Help Desk, merupakan salah satu layanan unggulan yang saat ini dirinya gunakan. Dengan menggunakan Cek Wod IA, dirinya mengklaim bisa diakses melalui WhatsApp sehingga memudahkan pelanggan dalam mendapatkan akses layanan.
“Kita memberikan pelayanan 24 jam perhari, layanan ini tidak berhenti karena kita sudah menggunakan IA dan ada Cek Wod dengan menggunakan system robotik, kami berharap ini akan meningkatkan kinerja kita dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Banjarnegara,” beber Ibnu.
Lebih jauh Ibnu juga mengklaim, menurutnya sepanjang 2024 dan 2025 banyak sekali pencapaian yang dilaksanakan, dan dirinya mengatakan akan meningkatkan kompetensi PERUMDAM sebagai salah satu operator penyediaan air minum di Banjarnegara.
“Kita punya Supervisory Control and Data Acquisition atau Scada, melalui peralatan ini produksi air di PDAM bisa real time karena bisa melihat detik demi detik produksi yang ada di IPAL Sigaluh, sehingga kita bisa melakukan evaluasi terkait dengan distribusi air, Ini tentu memberikan manfaat besar untuk peningkatan kualitas pelayanan,” pungkas Ibnu. (Gunawan).
Beranda
Pemerintahan
Launching Layanan Help Desk PERUMDAM Tirta Serayu, Bupati Banjarnegara Sindir Pelayanan: Ada 8 Aduan Negatif
Launching Layanan Help Desk PERUMDAM Tirta Serayu, Bupati Banjarnegara Sindir Pelayanan: Ada 8 Aduan Negatif
Redaksi2 min baca

Bupati Amalia Desiana foto bersama para karyawan PERUMDAM Banjarnegara, Kamis, 31/7/2025. Foto : (Gunawan/Lensa Nusantara).