Politik

Pilkades di Desa Blimbing Dianggap Rawan Konflik, Polres Banjarnegara dapat Tambahan Personel dari 2 Polres

×

Pilkades di Desa Blimbing Dianggap Rawan Konflik, Polres Banjarnegara dapat Tambahan Personel dari 2 Polres

Sebarkan artikel ini
Kapolsek Mandiraja
Kapolsek Mandiraja AKP Akhbarul Hamzah, pimpin apel pengamanan Pilkades, Selasa, 5/3/2024. (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara).

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Demi menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ke 2 di Kabupaten Banjarnegara yang akan dilaksanakan hari ini, Selasa, (5/3/2024), Polres Banjarnegara menerjunkan ratusan personel untuk diterjunkan ke 57 desa.

Untuk daerah yang dianggap rawan, Polres Banjarnegara akan dibantu pasukan Samapta dari Polres Banyumas dan Polres Purbalingga yang masing-masing menerjunkan 33 personel.

Example 300x600

Dalam pantauan lensanusantara.co.id di Polsek Mandiraja, terlihat 33 anggota Samapta dari Polres Banyumas, dengan dipimpin langsung Kapolsek AKP Akhbarul Hamzah, mengikuti apel, sebelum diterjunkan ke tiga desa yaitu Panggisari, Blimbing dan Mandiraja Wetan.

Menurut Kapolsek, selain dari anggota Polsek sendiri, penambahan personel untuk wilayahnya sebagai antisipasi, karena adanya salah satu desa yang dianggap rawan terjadinya konflik. Sehingga hal itulah, Polres Banjarnegara menerjunkan pasukan tambahan sebagai upaya agar Pilkades berjalan aman, tertib.

“Untuk Kecamatan Mandiraja ada tiga desa yang akan melaksanakan Pilkades, yaitu Blimbing, Panggisari dan Mandiraja Wetan. Demi mengantisipasi adanya konflik nantinya, Polsek Mandiraja mendapatkan tambahan personil 33 anggota Samapta Polres Banyumas,” ungkap AKP Akhbarul.

Dari ke 33 anggota Samapta Polres Banyumas, nantinya akan disebar ke tiga desa untuk membantu pengamanan bersama personel dari Polsek, TNI, Linmas, dan Satpol PP.

“Perintah Pak Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, untuk anggota Samapta nanti kita sebar, tergantung tingkat kerawanan, untuk Kecamatan Mandiraja nanti kita tempatkan anggota untuk Blimbing 8, Panggisari 6 dan Mandiraja wetan 6 sesuai dengan pos masing-masing, dan nantinya di TPS juga ada dari bko, TNI, Linmas dan Satpol PP, yang juga ikut mengamankan berjalannya Pilkades hari ini,” ungkap Kapolsek.

“Kami menghimbau kepada calon dan pendukungnya, jika nanti ada yang membikin gaduh, ricuh kami dari jajaran kepolisian tidak akan segan untuk melakukan tindakan. Saya berpesan kepada semuanya, jaga keamanan, kenyamanan, dan kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades dengan damai dan senyum, karena menang kalah sudah biasa, harus bisa menerima hasilnya,” tegas Kapolsek.

Dari ke tiga desa di Kecamatan Mandiraja, di prediksi Pilkades akan menjadi pusat perhatian di Blimbing, karena suasana memanas sudah terlihat beberapa waktu lalu, saat ratusan massa demo disaat dilaksanakannya ujian tertulis. (Gunawan)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.